Rabu 28 Jan 2015 09:39 WIB

Makanan Sehat, Bantu Cegah Asma pada Anak

Asma pada anak (Ilustrasi)
Asma pada anak (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Asma terjadi ketika paru-paru meradang dan terhambat karena pembentukan lendir berlebih. Tidak ada obat lengkap yang bisa menyembuhkan asma.

Tetapi Anda dapat meredakan gejalanya pada anak dengan memberinya makanan sehat dalam menu makan mereka. Berikut adalah lima makanan yang bisa mengurangi gejala asma pada anak seperti dikutip dari www.parentsindonesia.com.

Bayam

Bayam kaya magnesium, dimana dapat mengurangi gejala asma pada anak. Penderita asma cenderung memiliki kadar magnesium yang rendah karenanya, meningkatkan asupan magnesium dapat membantu meringankan gejala asma. Menurut sebuah studi, 400mg magnesium setiap hari dapat mengurangi gejala asma. Bayam juga memiliki kandungan vitamin B yang tinggi dimana akan akan mengurangi serangan asma yang disebabkan oleh stres dan memelihara sistem saraf yang sehat pada anak.

Omega-3 asam lemak

Mengonsumsi 200 gram ikan salmon seminggu dapat menghilangkan gejala asma anak. Kandungan Omega 3 dapat meningkatkan fungsi paru-paru pada penderita asma. Selain salmon, makanan yang juga kaya omega-3 adalah ikan tuna, trout, sarden, mackerel, biji rami tanah, minyak biji rami, walnut, dan masih banyak lagi.

Buah dan sayuran

Para peneliti menemukan fakta, anak-anak yang mengkonsumsi lebih banyak buah saat anak-anak, memiliki risiko lebih rendah menderita asma. Buah dan sayuran mengandung antioksidan yang mencegah kerusakan pada saluran udara. Buah-buah seperti jeruk, apel, dan pisang juga dapat menurunkan risiko serangan asma. Sedangkan sayuran yang direkomendasikan untuk mengobati asma adalah brokoli, kubis, kol, kentang, wortel, tomat dan ubi jalar.

Makanan kaya vitamin E

Makanan yang kaya vitamin E mengandung antioksidan yang dapat membantu mengurangi radang paru-paru yang disebabkan oleh asma. Beberapa makanan yang kaya vitamin diantara almond, mentega almond, biji bunga matahari, kacang-kacangan, minyak gandum, dan minyak nabati. Disarankan mengganti lemak jenuh seperti keju, mentega atau daging olahan dengan makanan nabati yang kaya vitamin E.

Serat

Makanan lain yang dapat membantu meredakan asma anak adalah makanan yang mengandung serat. Serat berakitan dengan peningkatan fungsi paru-paru. Kacang-kacangan, biji-bijian, sayuran dan buah-buahan mengandung serat yang banyak. Meningkatkan asupan makanan tersebut dapat membantu Anda dalam mengelola gejala asma.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement