Sabtu 24 Jan 2015 11:58 WIB

Ingin Berat Badan Ideal, Lakukan 3 Kebiasaan Ini

Rep: c15/ Red: Hazliansyah
Air Putih
Foto: Republika/Agung Supriyanto
Air Putih

REPUBLIKA.CO.ID, -- Menjaga berat badan tetap seimbang adalah hal penting untuk dilakukan. Selain untuk menjaga penampilan, berat badan ideal juga baik untuk kesehatan.

Nah, bagaimana caranya menjaga berat badan tetap ideal?

Dikutip dari womenshealth.com, setidaknya ada tiga hal yang dapat anda lakukan untuk dijadikan kebiasaan setiap harinya.

Pertama, Sarapan pagi. Sarapan pagi merupakan langkah sukses seseorang menurunkan berat badan. Bahkan beberapa hasil penelitian menyebutkan, sarapan pagi mampu memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral. Mayoritas orang yang bermasalah dengan berat badan adalah mereka yang tidak sarapan pagi.

Kedua, perbanyak air putih. Kebiasaan gaya hidup orang modern menuntut manusia kerap menggonsumsi air olahan seperti teh, kopi, gula, bahkan minuman ringan yang mengandung banyak asupan gula. Tentu ini menjadi faktor utama kegemukan. Padahal dengan mengkonsumsi air putih cukup bisa membuat fungsi tubuh dengan baik.

Selain berguna untuk asupan mineral, air putih juga berguna membawa racun dan toksin keluar dari tubuh melalui air seni.

Ketiga, makan dengan porsi kecil namun sering. Tidak makan selama tiga jam berturut turut ternyata bisa membuat kadar hormon stress kortisol kita naik. Jika Kortisol naik maka tubuh akan mendapat sinyal untuk menyimpan lemak didaerah perut.

Nah, untuk menurunkan kadar kotisol ini, penelitian menyarankan agar kita makan teratur namun dengan porsi kecil. Selain menjaga kesehatan dengan membiasakan perut menerima porsi kecil, dan menurunkan beban kerja lambung. Pola ini mampu mengurangi lemak di perut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement