Sabtu 24 Jan 2015 10:12 WIB

Kacang-kacangan Ternyata Ampuh Usir Jerawat

Rep: Desy Susilawati/ Red: Winda Destiana Putri
Kacang almond
Foto: therawfoodcoach.com
Kacang almond

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ada sebagian besar orang yang percaya bahwa mengonsumsi kacang-kacangan dapat menimbulkan jerawat. Ternyata dugaan tersebut tidak benar.

Selain makanan laut dan sayuran, kacang-kacangan juga ternyata bisa menyembuhkan jerawat. Apa saja jenis kacang yang mampu usir jerawat? Masih dari laman Allwomenstalk, Sabtu (24/1) berikut ulasannya.

Almond

Kacang almond kaya vitamin E, magnesium, vitamin B dan zat penting lannya. Almond juga baik untuk memperindah kulit Anda, karena mengandung banyak serat dan rendah kalori per porsi dibanding kacang-kacangan lainnya. Kenari dikenal sebagai kacang terbaik untuk kulit, tapi tak ada salahnya jika Anda memilih almond karena mereka memiliki begitu banyak nutrisi yang baik dan mudah untuk dicerna. Susu almond ini juga merupakan sumber nutrisi yang baik. Ini jika Anda memilih jenis yang tanpa gula.

Hemp dan biji chia

Hemp adalah istilah umum yang digunakan untuk varietas tanaman ganja dan produk-produknya yang meliputi serat, minyak dan biji. Sedangkan biji Chia berasal dari Amerika Latin. Chia seed mengandung banyak serat, protein dan antioksidan. Chia seed juga mempunyai lebih banyak kadar lemak sehat.

Keduanya merupakan sumber makanan yang sangat luar biasa untuk kulit Anda. Keduanya kaya akan protein, lemak sehat, vitamin E, dan vitamin B. Keduanya juga sarat dengan serat dan tidak mengandung gula. Lemak yang terkandung didua makanan ini adalah omega 3 dan omega 6. Keduanya sangat baik untuk kulit Anda, berat badan, metabolisme, jantung dan suasana hati Anda. Menambahkan satu sampai dua sendok makan makanan ini per hari, maka Anda akan mendapatkan kulit yang cantik. Anda bisa menambahkan keduanya pada smoothies, salad, atau tambahkan pada tumpukan buah dan kacang buatan sendiri.

Kacang Arab

Jika Anda vegetarian dan tidak mau makan ikan, pastikan Anda mengonsumsi banyak kacang Arab, yang juga dikenal sebagai garbanzo kacang. Kacang Arab kaya akan seng yang mampu melawan infeksi penyebab penyakit dan jerawat. Kacang Arab juga mengandung zat besi yang tinggi, seta mengandung vitamin B, protein dan rendah lemak. Kacang Arab juga kaya akan serat, yang menstabilkan kadar gula darah Anda. Ketika kadar gula darah Anda melewati keseimbangan, Anda mungkin tidak hanya menginginkan makanan yang tidak sehat, tapi juga hormon stress menjadi tinggi yang mengarah kepada jerawat. Tambahkan kacang Arab untuk salad, tumis atau beli hummus rendah natrium yang terbuat dari kacang Arab.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement