Rabu 21 Jan 2015 12:06 WIB

Cara Tepat Mengatur Isi Lemari Es

Rep: C09/ Red: Winda Destiana Putri
Makanan di dalam Kulkas (Ilustrasi)
Foto: Telegraph
Makanan di dalam Kulkas (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Hal yang tidak beres sering kali kita ditemukan dalam lemari es, salah satunya bau yang menyengat dari makanan-makanan tertentu.

Menyimpan makanan dengan cara yang salah juga dapat memengaruhi rasa dan manfaat kesehatan dari makanan itu sendiri.

 

Dilansir Telegraph, Rabu (21/1) berikut tips mengenai cara yang benar dalam mengatur isi lemari es sehingga makanan tetap segar lebih lama.

Biarkan suhu kulkas tetap dingin

 

Suhu 0ºC dan 4ºC merupakan suhu yang tepat untuk lemari es. Menyetel lemari es dengan suhu demikian dapat mencegah pertumbuhan bakteri yang bisa membuat makanan cepat busuk. Dengan demikian makanan di dalam lemari es bisa bertahan lebih lama.

Rak bagian atas untuk makanan setengah matang

 

Makanan setengah matang seperti, daging, sisa makanan, bumbu, atau makanan cepat saji, dapat disimpan di rak lemari es bagian atas. Rak atas diketahui memiliki suhu paling konsisten dibandingkan dengan bagian bawah lemari es.

 

Simpan produk berpengawet di bagian pintu

 

Pintu lemari es merupakan bagian terhangat dari seluruh bagian. Produk yang mengandung pengawet, seperti mayonaise, jus jeruk, dan produk susu dapat di simpan di bagian ini agar terhindar dari pembusukan.

Simpan daging di tempat tertutup

 

Daging yang disimpan didalam lemari es sebaiknya terlebih dahulu ditutup rapat oleh plastik. Hal itu dilakukan guna menjaga kesegaran dan menghentikan penyebaran bakteri ke daerah lain.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement