Jumat 20 Jan 2017 14:55 WIB

Perhatikan Aturan Waktu Simpan Makanan Segar di Kulkas

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Indira Rezkisari
Makanan yang disimpan di kulkas.
Foto: Flickr
Makanan yang disimpan di kulkas.

REPUBLIKA.CO.ID, Hampir semua orang pernah menyimpan makanan di kulkas sampai lupa dan tak lagi bisa dimakan. Terutama, makanan segar yang tak ada cantuman kapan tanggal kedaluwarsanya.

Untuk memudahkan konsumen, majalah Good Housekeeping membuat bagan khusus yang menginformasikan aturan waktu menyimpan makanan di lemari es. Panduan ini bisa digunakan agar masalah makanan busuk tak lagi Anda alami.

Berdasarkan bagan tersebut, ikan segar dan produk kerang hanya boleh disimpan di lemari es selama satu hari. Panduan khusus bahan makanan segar ini mewanti-wanti untuk tidak melebihi batas waktu karena bisa berdampak buruk bagi kesehatan.

Meski sama-sama ikan, salmon asap bisa bertahan sampai dua pekan. Waktunya jauh lebih lama dibandingkan produk daging dan unggas yang hanya boleh disimpan maksimal dua sampai tiga hari sebelum diolah.

Daging yang sudah tidak berupa bongkahan besar seperti irisan daging olah non-kemasan, juga hanya bertahan dua hari. Sosis hanya punya waktu tiga hari, tetapi daging asap cukup lama yaitu sepekan.

Menurut bagan, sayuran hijau termasuk daun selada hanya boleh disimpan tiga sampai empat hari atau akan layu dan tak sedap dimakan. Buah-buahan pun cuma boleh disimpan antara dua sampai tujuh hari, tergantung tingkat kelunakan dan jenisnya.

Susu cair bisa disimpan empat sampai lima hari di kulkas, tapi keju lunak harus dihabiskan dua sampai tiga hari setelah kemasannya dibuka. Sementara, keju padat dan telur bertahan lebih lama yakni hingga sepekan.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement