Kamis 13 Sep 2018 06:22 WIB

Tepung dan Apel Sebaiknya Disimpan di Kulkas, Kenapa?

Menyimpan bahan baku dengan benar menghindari pemborosan hingga ramah lingkungan.

Rep: Adysha Citra Ramadhani/ Red: Indira Rezkisari
Buah apel
Foto: pixabay
Buah apel

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kesalahan kecil dalam menyimpan bahan makanan dapat membuat bahan makanan menjadi cepat basi. Akibatnya, bahan-bahan makanan ini terpaksa harus dibuang karena tak lagi bisa digunakan.

Membuang bahan makanan karena kesalahan penyimpanan tak hanya mubazir, tetapi juga dapat mengganggu kondisi lingkungan. Google mengungkapkan bahwa dua per tiga penggunaan air di dunia diperuntukkan bagi produksi makanan. Produksi makanan juga menyumbang lebih dari seperempat emisi karbon dioksida. Karena itu, membuang bahan makanan hanya karena kesalahan proses penyimpanan bisa dikatakan sebagai pemborosan sumber daya alam.

Oleh karena itu, Malay Mail mengungkapkan setidaknya ada sembilan trik menyimpan bahan makanan dengan baik. Trik ini dapat memperpanjang masa penggunaan bahan makanan sehingga kemungkinan membuang-buang bahan makanan bisa diminimalisasi. Berikut ini adalah kesembilan trik tersebut.

Apel

Apel akan membusuk 10 kali lebih cepat jika disimpan pada suhu ruangan. Apel sebaiknya disimpan di bagian bawah kulkas (fridge) agar bisa tetap segar dan renyah hingga enam minggu.

Roti

Roti hanya bisa bertahan beberapa hari di suhu ruangan. Akan tetapi, roti bisa bertahan hingga enam minggu jika disimpan di kulkas bagian atas (freezer). Jika ingin dikonsumsi kembali, roti cukup dihangatkan dengan toaster sebelum dimakan.

Sayuran Hijau untuk Salad

Sayuran hijau yang biasa digunakan untuk salad sebaiknya disimpan dalam sebuah wadah yang dilapisi handuk kertas. Handuk kertas ini dapat menyerap kelembapan sayuran hijau sehingga sayuran ini bisa bertahan lebih lama.

Daging Sapi

Daging sapi sebaiknya dibekukan dalam suhu 0 derajat Fahrenheit atau sekitar -17 derajat Celcius. Pada suhu ini, mikroba seperti bakteri, ragi dan jamur akan menjadi tidak aktif sehingga daging sapi bisa aman tersimpan dalam waktu yang cukup lama. Daging sapi yang sudah masak sebaiknya dikonsumsi dalam waktu 3-4 hari jika disimpan di kulkas bagian bawah (fridge).

Tepung

Tepung biasanya hanya disimpan dalam suhu ruangan biasa. Pada suhu ruangan, tepung biasanya akan menjadi basi dalam hitungan satu tahun. Untuk memperpanjang masa penggunaan hingga dua tahun, teping bisa disimpan di kulkas bagian bawah (fridge).

Alpukat

Alpukat bisa disimpan di suhu ruangan hingga berubah menjadi matang. Setelah alpukat matang, simpan buah tersebut di laci penyimpanan yang memiliki kelebapan rendah. Dengan trik ini, alpukat bisa bertahan lima hari lebih lama.

Tomat

Berbeda dengan buah kebanyakan, tomat sebaiknya tidak disimpan di dalam kulkas karena akan menghilangkan rasa manis maupun tekstur tomat. Tomat sebaiknya disimpan di meja dapur yang tidak terkena paparan matahari langsung.

Tanggal Sell By Telur

Telur yang dijual dalam tray plastik biasanya disertai dengan tanggal sell by. Tanggal sell by tidak menentukan batas akhir penggunaan telur. Telur masih bisa digunakan tiga minggu setelah tanggal sell by. Telur rebus matang sempurna juga bisa disimpan dan dikonsumsi hingga satu minggu setelah direbus.

Kacang

Kacang-kacangan yang sudah dibuka dari kemasan sebaiknya disimpan di dalam kulkas bagian bawah. Trik ini efektif untuk mencegah kacang menjadi berbau tengik.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement