Rabu 14 Jan 2015 15:06 WIB

Yuk, Ajak Anak Berkreasi dengan Benda di Sekitarnya

Rep: Desy Susilawati/ Red: Indira Rezkisari
Anak bermain mobil mobilan (ilustrasi).
Foto: Pandega
Anak bermain mobil mobilan (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, Bermain baik untuk perkembangan anak. Untuk bisa bermain anak namun tak perlu diajak pergi ke tempat-tempat mahal atau dengan mainan yang mahal.

Orang tua selalu bisa mengajak anak bermain sambil berkreasi dengan benda di sekitarnya. Hal tersebut diungkapkan oleh psikolog anak, Ine Indriani kepada ROL, Rabu (14/1).

Menurutnya, bermain dengan kreasi sendiri atau berkreasi sendiri dapat menghemat pengeluaran. Selain itu, juga bisa mengembangkan kemampuan anak dalam mengembangkan ide-ide serta meningkatkan kreativitas anak dan guru. Anak juga jadi lebih peduli dengan lingkungan.

Lalu benda-benda apa saja di sekitar yang bisa dimanfaatkan anak untuk berkreasi ya? Ine menjelaskan, anak bisa berkreasi dengan daun, kardus, kertas dan karton bekas, sayur dan buah, kaos kaki dan kain bekas juga tepung.

Dengan daun, anak bisa diajak menempel dan mewarnai. Sementara dengan kardus bekas, anak bisa membuat rumah-rumahan, mobil-mobilan, televisi, kartu-kartu seperti abjad dan angka-angka, juga gambar-gambar.

Sedangkan contoh berkreasi dengan kertas dan karton bekas, anak bisa membuat perahu-perahuan, membuat orang-orangan, sebagai media gambar, membuat berbagai bentuk origami, gulungan-gulungan kertas untuk meronce, membuat kalung atau bisa juga membuat bunga atau ular tangga .

Lalu bagaimana berkreasi dengan sayur atau buah? Ine mengatakan, anak bisa membuat orang-orangan, bunga, pohon-pohonan, hiasan dan lainnya. Lain halnya dengan berkreasi menggunakan kaos kaki atau kain bekas, anak bisa membuat boneka, membuat alat peraba dan juga hiasan.

Selain itu, tepung juga bisa digunakan sebagai alat kreasi anak Anda. Misalnya membuat playdough atau lilin main, cat jari juga cat air. Selamat mencoba ya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement