Jumat 09 Jan 2015 18:39 WIB

Alpukat Dapat Turunkan Kolesterol

Rep: Satya Festiani/ Red: Winda Destiana Putri
Buah Alpukat (Ilustrasi)
Foto: republika
Buah Alpukat (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON DC -- Sebuah riset yang dipublikasi di Journal of the American Heart Association memperlihatkan bahwa alpukat dapat menurunkan kolesterol.

Memakan alpukat setiap hari yang diimbangi oleh diet rendah lemak menurunkan level LDR sebesar 10 persen dari 160 mg/dL.

Seperti yang dikutip dari Examiner, Jumat (9/1) riset yang dilakukan Universitas Negeri Pennsylvania melibatkan 45 orang berumur 21 hingga 70 tahun.

Berat badan mereka beragam, dari normal hingga obesitas. Pada dua minggu pertama, mereka mengikuti pola makan regular. Kadar kolesterol mereka juga dicek sekala berkala.

Dua minggu selanjutnya, beberapa dari mereka mengikuti pola makan rendah lemak. Beberapa orang lainnya menambahkan alpukat pada diet mereka. Kesimpulannya, orang yang memakan alpukat memiliki LDL kolesterol yang lebih rendah 45 persen.

Mereka juga memiliki kadar trigliserida dan total kolesterol yang lebih rendah. Kandungan phytosterol dalam alpukat dipercaya sebagai agen yang menurunkan kadar kolesterol.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement