Jumat 09 Jan 2015 12:08 WIB

Supaya Akur, Jadikan Ibu Mertua Sekutu yang Baik

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Indira Rezkisari
Tarik-menarik dengan mertua bisa dihindari selama paham triknya tinggal dengan mertua.
Foto: Prayogi/Republika
Tarik-menarik dengan mertua bisa dihindari selama paham triknya tinggal dengan mertua.

REPUBLIKA.CO.ID, Ada banyak cara yang bisa dilakukan agar menantu bisa memiliki hubungan baik dengan mertuanya. Menurut psikolog Universitas Cambridge, Dr Terri Apter menemukan banyak wanita yang berhubungan kurang harmonis dengan ibu mertuanya. Hubungan mereka rusak karena kecemburuan dan kritik.

Apter menemukan hampir dua per tiga dari ibu mertua percaya bahwa istri anaknya yang salah. Sekitar setengah perempuan dalam penelitian yang dilakukan Apter menemukan bahwa ibu mertua sering 'cemburu' dengan menantunya dan 55 persen dari mereka merasa tegang, gelisah, dan kurang nyaman jika bersama menantunya. Sebagian dari ibu mertua merasa dikucilkan oleh menantunya.

Seperti dilansir dari Body and Soul, Jumat (9/1), ada sejumlah hal yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kualitas hubungan menantu dan mertua.

Intrusi

Ketika Anda menjadwalkan Sabtu dan Ahad yang tenang bersama pasangan, tiba-tiba ibu mertua memanggil. Ibu mertua bisa membuat anak laki-lakinya merasa bersalah jika sang anak tak lagi mau menemani ibunya.

Katakan pada suami Anda bahwa Anda tak masalah jika jadwal akhir pekan kali ini untuk berkunjung ke rumah ibu mertua. Anda sudah bersama suami Anda setiap harinya, bukan?

Ibu mertua Anda bisa juga menjadi marah atau dramatis ketika anaknya menegurnya karena menelepon ke rumah larut malam, atau memintanya untuk datang tiba-tiba. Anda bisa mengambil alih pembicaraan dengan mengatakan pada ibu mertua Anda, "Tidak apa-apa menelepon malam-malam dan kami akan mengunjungi ibu pada waktunya nanti."

Selanjutnya, Anda juga bisa memohon pengertian ibu mertua Anda untuk menikmati waktu-waktu pribadi dengan pasagan Anda.

Sekutu yang baik

Konselor rumah tangga, Sturmey mengatakan menantu dan ibu mertua sebaiknya saling menjaga hubungan baik. Kritik, kompetisi, dan rasa cemburu karena sama-sama wanita memang sering menjadi penyebab utama kurang harmonisnya hubungan antara menantu perempuan dengan ibu mertuanya.

Sturmey mengatakan ibu mertua suatu hari juga bisa menjadi sekutu Anda. Dia bisa membantu menjaga anak-anak Anda jika Anda harus masuk kerja kembali dan terlambat pulang.

Jadi, hindari membuat keributan dengan ibu mertua. Buatlah mereka merasa dihargai. Dengan demikian, hubungan bisa menjadi lebih indah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement