Kamis 08 Jan 2015 05:05 WIB

Alasan Memilih Buah Untuk Diet Anda

Rep: MGROL31/ Red: Winda Destiana Putri
Diet (Ilustrasi)
Foto: Allwomenstalk
Diet (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tahukah Anda bahwa menambahkan lebih banyak buah dalam menu diet dapat mengurangi berat badan lebih cepat? Buah diperkaya dengan esensi vitamin dan mineral yang sangat dibutuhkan tubuh Anda untuk membakar lemak.

Berikut ini merupakan 5 alasan memilih buah untuk diet Anda yang dilansir dari situs Womanitely, Kamis (8/1).

Buah membantu pembakaran lemak

Terdapat banyak jenis buah yang dapat membantu Anda untuk membakar lemak lebih banyak. Salah satu buah pembakar lemak yang terbaik adalah jeruk bali. Buah ini membantu meningkatkan metabolism, menstabilkan tingkat gula darah dan membakar lebih banyak lemak.

Namun, bukan berarti Anda hanya mengkonsumsi jeruk bali saja, keberagaman sangatlah penting dalam diet Anda. Lemon bisa jadi salah satu pilihan lainnya. Buah lemon memiliki kemampuan detoksifikasi yang tinggi dan membantu Anda meningkatkan kesehatan. Mengkonsumsi dua gelas lemon sehari dapat memberikan Anda manfaat maksimal untuk mencapai target diet Anda.

Buah sangat rendah kalori

Meskipun terdapat buah yang memiliki kalori tinggi, namun kalori tersebut tidak akan merusak diet Anda. Satu pisang berukuran sedang mengandung 120 kalori sedangkan yang kecil hanya mengandung 100 kalori. Dibandingkan mengkonsumsi snek ketika Anda ingin nyemil, ada baiknya mengganti cemilan dengan sebuah pisang kecil yang mengandung kadar serat tinggi.

Selain pisang, buah apel, peach, dan pear juga dapat menjadi snek yang sehat dalam diet Anda. Buah-buah tersebut sangat rendah kalori dan kaya akan kandungan air yang membantu Anda tetap terhidrasi sepanjang hari. Meskipun begitu, meminum 8 gelas air setiap hari tidak boleh dilewatkan untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh.

Tenaga untuk olahraga Anda

Buah merupakan salah satu makanan yang baik untuk dikonsumsi sebelum maupun setelah Anda berolahraga. Pasalnya, buah merupakan sumber gula yang sehat untuk memberikan tenaga pada otot Anda dan meningkatkan tingkat energi Anda.

Meskipun sebagian buah memiliki kadar gula tinggi, namun kandungan tersebut tetap diperlukan untuk membantu memulihkan otot. Mengkonsumsi pisang, apel, blueberry, anggur, ataupun pear sebelum dan setelah berolah raga, dapat meningkatkan energi Anda dan membantu performa olahraga Anda.

Mengurangi kembung

Menambahkan buah-buahan yang kaya akan kandungan air dalam diet Anda, merupakan cara mudah untuk mengurangi masalah perut kembung. Terdapat beberapa jenis buah-buahan yang dapat membantu pelepasan cairan asam lambung dan mengurangi kembung seperti, jeruk, jeruk bali, melon, nanas, lemon, hingga semangka.

Snek yang sehat

Jika Anda merupakan orang bergaya hidup super sibuk namun tetap ingin menjaga berat badan Anda, Anda harus memperhatikan camilan apa yang dikonsumsi setiap harinya. Dengan kesibukan Anda setiap harinya tak jarang membuat Anda sulit untuk mengkonsumsi makanan yang sehat sehingga menggagalkan usaha diet.

Buah dapat menjadi camilan terbaik yang dapat Anda pilih. Selain memberikan tenaga lebih untuk tubuh, buah dapat meningkatkan metabolisme dan energi, serta membantu Anda mengurangi berat badan lebih cepat. Anda dapat mencoba salad buah dengan memasukan buah berry favorit Anda ke plain yoghurt, ataupun membuat smooties maupun jus dari buah kesukaan Anda.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement