Sabtu 27 Dec 2014 17:29 WIB

Mau Melahirkan Normal Aman dan Nyaman? Ini Panduannya

Rep: Desy Susilawati/ Red: Winda Destiana Putri
Suami menemani istri melahirkan/ilustrasi
Foto: parentdish.co.uk
Suami menemani istri melahirkan/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Anda sedang mengandung dan sebentar lagi melahirkan? Takut melahirkan secara normal? Jangan khawatir, ini ada tips agar melahirkan secara normal bisa berjalan aman dan nyaman.

Selalu berfikir positif

Selalu berfikir positif dan bersyukur sejak awal kehamilan. Anda memiliki kandungan dan bayi di dalam perut. Syukuri dan rawat setiap hari bayi Anda, sehingga pada saat proses melahirkan, Anda sudah menunggu-nunggu moment membahagiakan ini.

Latihan fisik

Jangan lupa latihan fisik, jalan pagi, senam hamil, yoga, latihan pernafasan dan lainnya.

Mencari informasi melahirkan

Penting juga untuk sharing pengalaman dengan ibu yang pernah melahirkan normal. Bila ini merupakan kehamilan pertama bagi Anda, Anda tentu harus sering mencari informasi mengenai melahrikan secara normal. Jangan pernah takut untuk banyak bertanya.

Jangan menahan buang air kecil

Menahan buang air kecil sangat berbahaya bagi kesehatan siapapun. Apalagi dalam kondisi hamil. Jangan pernah Anda melakukan hal ini selama masa kehamilan, karena akan memberikan dampak pada janin Anda.

Minta didampingi

Minta pendamping keluarga atau suami pada saat proses melahirkan. Bila ini dapat membuat rasa nyaman dan aman pada diri Anda.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement