Sabtu 27 Dec 2014 17:18 WIB

Mau Melahirkan Normal Aman dan Nyaman? Berikut Tipsnya

Rep: Desy Susilawati/ Red: Winda Destiana Putri
Hamil
Foto: demandstudios
Hamil

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Anda sedang mengandung dan sebentar lagi melahirkan? Takut melahirkan secara normal? Jangan khawatir, ini ada tips agar melahirkan secara normal bisa berjalan aman dan nyaman.

Menurut Dokter Spesialis Kandungan dan Kebidanan, dr Iswan Syarif SpOG (KFM), nyeri yang ditimbulkan saat persalinan tentu membuat ketidak nyamanan saat melahirkan.

Meski sebenarnya nyeri tersebut merupakan upaya alami tubuh untuk membantu pembukaan jalan lahir. "Keberhasilan persalinan normal ditentukan oleh keaadan bayi, keadaan jalan lahir dan kekuatan ibu mengejan," ujarnya kepada Republika Online, Sabtu (27/12).

Periksa kehamilan secara teratur dari awal kehamilan

Penting bagi ibu hamil memeriksa kehamilan secara teratur. Apalagi ketika Anda merasa usia kehamilan sudah mendekati hari kelahiran. Minimal satu kali pada trimester pertama, dua kali pada trimester kedua dan dua kali pada trimester ketiga.

Periksa keadaan janin

Pemeriksaan dilakukan pada keadaan janin, seperti denyut jantung, posisi dan presentasi, USG dan berat badan janin. Pastikan semua dalam keadaan baik-baik saja.

Periksa jalan lahir bayi

Selain memeriksa keadaan janin, penting pula bagi Anda untuk memeriksa kondisi jalan lahir bayi. Adakah kesempitan panggul, tumor, penyakit kelamin yang membahayakan janin, letak plasenta dan lainnya.

Menjaga kesehatan si Ibu

Penting bagi Anda untuk menjaga diri sendiri, baik fisik maupun mental. Jangan sampai Anda terlalu fokus pada kesehatan bayi, sementara kondisi fisik Anda terlupakan begitu saja.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement