Selasa 23 Dec 2014 18:08 WIB

Pastikan Bawa Buku Panduan Sebelum Pelesiran ke Cina

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Winda Destiana Putri
Tembok besar Cina
Foto: ABCNews
Tembok besar Cina

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Cina merupakan negara dengan lokasi wisata yang bervariasi dan selalu menjadi salah satu destinasi favorit di dunia.

Bagi Anda yang berencana mengunjungi Negeri Tembok Cina ini dalam waktu dekat, ke Beijing atau Shanghai misalnya, ada baiknya Anda memperhatikan tips berikut untuk panduan Anda berwisata di Cina.

Berikut tips yang dilansir dari Trip Advisor, Selasa (23/12).

Pajak barang mewah

Pajak barang mewah sangat mahal di Cina. Di negara ini, Anda bisa menemukan benda-benda seperti sutra, mutiara, batu giok, dan kerajinan lain, namun Anda harus memastikan barang itu asli sebab yang asli pasti mahal. Pastikan juga Anda mengemas benda-benda dari keramik dan porselen secara apik ketika membawanya dalam pesawat.

Hati-hati dengan internet

Internet adalah sesuatu yang disensor di Cina. Anda perlu VPN untuk melihat Facebook atau blog. Biaya internet di hotel-hotel Cina meningkat sesuai dengan tarif kamar. Hotel bintang tiga sering menyediakan kabel gratis dan WiFi. Hotel mewah akan mengenakan biaya internet 15-25 dolar AS per hari. Internet kafe rasanya kurang nyaman untuk Anda, sebab penuh dengan perokok.

Buku panduan

Sebelum meninggalkan penginapan atau hotel, pastikan membawa buku panduan untuk peta jalan. Peta pariwisata disediakan gratis di Cina. Anda bisa memiliki waktu menyenangkan dengan berjalan-jalan di pasar makanan, pasar basah, pasar kering, dan semacamnya.

Sanitasi pribadi

Sanitasi pribadi penting saat bepergian. Bawa tisu basah untuk dipakai ketika Anda ingin buang air. Jangan minum air keran di Cina. Sebaiknya Anda membeli air botolan yang banyak dijual murah di sudut-sudut toko.

Tisu

Bawa tisu toilet sendiri karena Anda akan jarang menemukan toilet umum disediakan di Cina. Bawa selalu tas ransel jika Anda membawa kamera atau barang penting. (Mutia Ramadhani)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement