Kamis 18 Dec 2014 18:01 WIB

Ide Liburan Anak yang Ramah di Dompet

Rep: Desy Susilawati/ Red: Indira Rezkisari
Ada berbagai ide liburan yang bisa dicoba orang tua tanpa harus mengeluarkan uang yang banyak.
Foto: Tahta Aidilla/Republika
Ada berbagai ide liburan yang bisa dicoba orang tua tanpa harus mengeluarkan uang yang banyak.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Masa liburan sekolah sudah di depan mata. Saat ini biasanya orang tua akan disibukkan dengan mencari kegiatan untuk menyibukkan anak selama liburan.

Memang, ada banyak tempat wisata yang bisa dikunjungi orang tua bersama anak. Tapi, berlibur bersama keluarga tidak selalu harus ke tempat-tempat yang membuat dompet orang tua jebol.

Psikolog anak, Nadya Pramudita, membagi tips berlibur yang murah meriah. Katanya, liburan dalam kota bisa jadi alternatif berlibur yang tidak kalah menyenangkan. Misalnya, wisata museum lalu setelah itu mengajak anak berkeliling kota menggunakan transportasi umum.

"Mungkin liburan semacam ini, justru tidak pernah dicoba oleh anak. Jadi, bisa jadi pilihan untuk Anda dan keluarga," ujarnya kepada ROL, Kamis (18/12).

Selain itu, Anda juga bisa berlibur di rumah saja. Di rumah orang tua bisa mencoba membuat kue dengan anak. Bisa juga dengan membuat target mengubah susunan kamar anak. Bongkar lemari pakaian dan memilih pakaian-pakaian layak pakai yang sudah tidak terpakai untuk kemudian disumbangkan.

Atau juga bisa merubah susunan ruangan lain di rumah seperti ruang tamu, kamar tidur orang tua, dan ruang belajar anak.

Bagaimana kalau orang tua sibuk? Nadya menyarankan kalau orangtua sibuk bekerja, mungkin bisa tawarkan pada anak untuk mengikuti les yang selama ini tidak bisa karena kesibukan sekolah. Ada beberapa kursus singkat untuk liburan anak seperti les vokal, menggambar, musik, dan lainnya.

Nadya menyarankan, orang tua bisa pula mengembangkan hobi anak. Salah satunya dengan mengajak anak menjahit cross stitch dengan gambar yang besar hingga bisa ditekuni selama liburan sekolah.

"Waktu liburan memang sebaiknya diisi dengan sesuatu yang bermanfaat, jangan sekedar bangun siang, menonton televisi, atau main sepuasnya saja," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement