Rabu 10 Dec 2014 18:02 WIB

Sarapan Pancake Sedap dengan Tambahan Keju

Pancake dengan saus bolognaise dan keju lembaran.
Foto: Indira Rezkisari/ROL
Pancake dengan saus bolognaise dan keju lembaran.

REPUBLIKA.CO.ID, Sarapan adalah makanan yang tergolong penting dalam hidup manusia. Bagi anak-anak, sarapan harus disiapkan dengan ekstra usaha agar mereka mau melahapnya dengan mudah.

Salah satu menu sarapan yang mudah adalah pancake. Chef Untoro, Rabu (10/12), dalam perkenalan produk Dairylea Qeju dari Mondelez Indonesia, membagi cara menyiapkan pancake dengan tambahan keju.

Pertama, lelehkan margarin untuk ditambahkan dalam adonan pancake. ''Lumerkan saja dengan api sedang, jangan sampai mendidih dan kehilangan manfaatnya,'' katanya. Margarin leleh ditambahkan dengan tujuan membuat pancake lebih empuk dari segi tekstur. Margarin leleh yang mendidih tak ubahnya menambahkan minyak saja dalam adonan pancake.

Selanjutnya, tambahkan margarin dalam tepung terigu yang sudah dicampur dengan gula dan garam juga susu dan telur yang telah dikocok. Untoro mengatakan, aduk adonan sampai halus. Setelah halus adonan bisa dimasak dalam wajan sampai matang.

Untuk pilihan rasa, Untoro berujar pancake manis atau asin bisa dibuat. Pancake gurih misalnya bisa dibuat menggunakan tambahan saus bolognaise yang digunakan untuk spageti. Cukup tuang saus bolognaise ke atas pancake dan tambahkan keju lembaran.

Penyuka rasa manis, bisa memotong pisang atau buah lain ke atas pancake. Kemudian tambahkan parutan keju untuk menambah selera makan. Tambahkan pula sesendok es skrim ke atas pancake buah untuk menjadi hidangan lebih istimewa lagi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement