Jumat 05 Dec 2014 11:42 WIB

Berolahraga Ketika Hamil? Ini Jurusnya (1)

Rep: Satya Festiani/ Red: Indira Rezkisari
Senam hamil
Foto: flickr
Senam hamil

REPUBLIKA.CO.ID, Kehamilan bukan berarti membuat Anda malas dan tidak berolahraga. Ada beberapa jenis latihan yang direkomendasikan ketika hamil. Tetap aktif ketika hamil akan mengurangi rasa sakit di punggung, menghindari bengkak, mengurangi stres, mempercepat proses melahirkan dan juga mempercepat penyembuhan setelah melahirkan.

Manajer Pelatihan dari Fitness First, Charlotte Banfield, berbagi 8 tips latihan ketika hamil. Ini tipsnya, seperti yang dikutip dari laman Express, Jumat (5/12).

1. Jangan coba hal baru

Jangan melakukan latihan baru ketika hamil. Selalu dengarkan tubuh Anda. Setiap wanita hamil bereaksi berbeda terhadap latihan.

2. Lari aman bagi wanita hamil

Selama Anda sehat, berlari aman bagi wanita hamil. Namun, jangan paksakan meraih target lari yang Anda tetapkan. Berlarilah di permukaan yang datar pada tiga bulan pertama kelahiran. Jika Anda hamil tua, gantilah lari dengan berjalan cepat. Pastikan Anda minum cukup dan mengenakan sepatu lari yang nyaman.

3. Kencangkan perut

Berlatihlah dengan cara mengencangkan perut. Cara ini akan mempermudah proses melahirkan dan penyembuhan. Namun, hindari melakukan sit up.

4. Berlatihlah dengan nyaman

Bernapaslah dengan teratur dan melakukan relaksasi ketika olahraga. Relaksasi membuat Anda nyaman dengan perubahan badan dan pikiran ketika hamil.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement