Jumat 05 Dec 2014 08:47 WIB

Sederet Kandungan Sehat Ubi (1)

Rep: C13/ Red: Indira Rezkisari
Ubi
Foto: pixabay
Ubi

REPUBLIKA.CO.ID, Ubi jalar merupakan makanan yang tidak hanya enak, namun memiliki manfaat kesehatan yag baik bagi tubuh. Umbi yang satu ini seperti dikutip dari Womanitely, Jumat (5/12), kaya antioksidan. Senyawa antosianin dalam ubi jalar, terutama yang ungu, merupakan salah satu antioksidan terbaik.

Antosianin memiliki sifat anti peradangan dan membantu mengangkal berbagai penyakit. Alasan yang baik untuk lebih sering menyantap ubi bukan?

Berikut alasan lain kenapa ubi baik bagi kesehatan Anda.

Sumber beta karoten

Satu ubi jalar sedang dapat mengandung lebih dari 200 persen dari kebutuhan harian beta karoten Anda. Beta karoten merupakan nutrisi penting tubuh. Beta karoten dapat membuat matasehat dan membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh secara alami.

Mengandung quercetin

Ubi jalar mengandung banyak nutrisi penting, termasuk quercetin. Quercetin adalah flavonoid makanan utama yang sangat sehat dan memiliki banyak manfaat yang indah. Ia membantu menurunkan kolesterol LDL dan mengurangi peradangan.

Selain itu, ia bertindak sebagai antihistamin alami yang dapat membantu melawan alergi. Quercetin juga dapat membantu orang yang menderita alergi musiman atau kronis.

Mengendalikan gula darah

Meskipun ubi jalar mengandung karbohidrat, ubi dapat membantu mengelola kadar gula darah. Karena ubi jalar meningkatkan kadar adiponektin, ia dapat memodifikasi metabolisme insulin yang membantu mengontrol kadar gula darah.

Ubi jalar juga kaya serat, yang berarti mereka memperlambat pelepasan glukosa ke dalam aliran darah. Selain itu, ubi juga dapat membantu mencegah lonjakan gula darah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement