Kamis 04 Dec 2014 10:43 WIB

Manfaat Sehat Kayu Manis (1)

Rep: C13/ Red: Indira Rezkisari
Kayu Manis
Foto: corbis
Kayu Manis

REPUBLIKA.CO.ID, Kayu manis merupakan rempah-rempah yang tidak asing. Banyak makanan dan minuman yang diracik memanfaatkan rasa dan aroma kayu manis.

Namun, kayu manis ternyata bukan hanya sekedar rempah-rempah yang hanya bisa membuat makanan dan minuman terasa lezat. Seperti yang dilansir dari laman womanitely pada Kamis (4/12), terdapat delapan manfaat kayu manis bagi kesehatan kita. Berikut penjelasannya.

1. Meningkatkan fungsi otak

Aroma kayu manis telah terbukti dapat membantu meningkatkan memori, fokus dan perhatian. Selain itu, rempah-rempah ini juga dapat mengurangi risiko Alzheimer. Konsumsi sedikit kayu manis setiap hari untuk dapat melawan rasa marah dan depresi. Selain itu, kayu manis juga dapat mencegah sakit kepala.

2. Memperbaiki kesehatan jantung

Sebuah studi dari Penn State mengklaim, dengan menambahkan rempah-rempah, seperti kayu manis dan kunyit, dapat membantu usaha diet seseorang. Karena kayu manis bisa membantu mengurangi efek negatif dari mengkonsumsi makanan berlemak.

Menghindari makanan yang berlemak tinggi memang sangat baik untuk diet. Ini karena makanan tersebut dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Maka dari itu, menambahkan kayu manis atau kunyit bisa menjadi solusi.

3. Menurunkan berat badan

Ketika dikombinasikan dengan diet sehat dan olahraga teratur, kayu manis juga dapat membantu untuk menurunkan berat badan. Sebab kayu manis dapat membantu meningkatkan metabolisme dan mengatur kadar gula darah. Inilah yang memainkan peran penting dalam penurunan berat badan.

4. Meningkatkan kesehatan usus

Kayu manis dapat membantu dalam mencegah gangguan pencernaan. Dengan hanya mengkonsumsi kayu manis, seseorang dapat terhindar dari penyakit-penyakit yang selama ini mengganggu pencernaan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement