Ahad 16 Nov 2014 05:14 WIB

Wah, Bunker Nuklir Jadi Daya Tarik Wisata

Turis Jerman
Foto: News
Turis Jerman

REPUBLIKA.CO.ID, BERLIN -- Tersembunyi di hutan yang bersebelahan dengan Ibukota, bunker era Perang Dingin ini dibiarkan begitu saja.

Bunker ini dulunya dibangun untuk menahan serangan nuklir, namun kini disulap menjadi objek wisata baru di Berlin, Jerman.

Dilansir dari News, Minggu (16/11) bunker seluas 83 ribu kaki ini memiliki tiga lantai yang dikenal dengan julukan Honecker di Bunker. Dibangun oleh seorang pemimpin komunis Erich Honecker untuk melindungi pasukannya dari serangan nuklir Soviet Barat.

Bangunan ini dapat menampung hingga 400 orang di dalamnya. Bunker ini merupakan salah satu bunker paling canggih yang dibangun antara 1978 hingga 1983. Berdiri di atas tumpuan 85 ribu beton bertulang, bangunan ini mampu menahan serangan kimia serta 1 mega ton bom atom.

Sebelumnya, bunker ini pernah dibuka pada tahun 2008, dan menarik sekitar 20 ribu pengunjung dalam waktu tiga bulan. Kini, di hari jadi runtuhnya Tembok Berlin ke 25 tahun, bunker peninggalan Partai Komunis Jerman ini akan dibuka setiap hari untuk wisatawan asing maupun lokal.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement