Senin 10 Nov 2014 16:26 WIB

Kakak Alergi Kacang, Apakah Adiknya Juga?

Rep: Desy Susilawati/ Red: Indira Rezkisari
Kacang almond
Foto: therawfoodcoach.com
Kacang almond

REPUBLIKA.CO.ID, Orang tua yang memiliki satu anak yang alergi kacang, biasanya menghindari konsumsi kacang apa anaknya yang lain. Apakah benar jika si kakak alergi kacang, adiknya juga akan menderita hal yang sama?

Menurut sebuah studi di Kanada, para peneliti menemukan persentase besar saudara kandung dari anak-anak penderita alergi kacang belum pernah makan kacang. Bahkan anak ini sudah didiagnosis alergi oleh orang tuanya, walaupun sebenarnya anak tersebut belum pernah menunjukkan tanda-tanda alergi.

“Padahal hampir setengah dari anak ini tidak pernah menunjukkan reaksi alergi kacang tanah,” jelas pimpinan studi ini yang juga dokter anak di Humber River Regional Hospital in Toronto, dr Elana Lavine.

Jika ingin memastikan apakah anak Anda yang lainnya menderita alergi kacang atau tidak, sebaiknya Anda melakukan tes alergi pada anak tersebut. Misalnya pengujian alergi pada kulit dan darah si anak. “Walaupun tes ini tidaklah sempurna dan mungkin saja over diagnosa  dalam beberapa kasus,” ujar Lavine, seperti dikutip dari Reuters.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement