Kamis 30 Oct 2014 18:59 WIB

Gaya Spa Luncurkan Spa Betawi Pertama di Jakarta

Salah satu sudut ruang spa di Hotel Hermitage Menteng.
Foto: Indira Rezkisari/Republika
Salah satu sudut ruang spa di Hotel Hermitage Menteng.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Indonesia dikenal sebagai surganya spa. Beragam teknik perawatan juga pijat memang dengan mudah ditemukan di Tanah Air.

Tak terkecuali Betawi, yang memiliki budaya Tangas. Untuk melestarikan budaya Betawi, sekaligus mengajak publik menikmati perawatan tubuh modern kemarin (29/10) Gaya Spa bersama Hotel Hermitage Menteng meluncurkan spa dengan konsep perawatan khas Betawi.

Laorda Hutagalung, pemilik Gaya Spa, mengatakan perawatan modern dengan sentuhan akar budaya Betawi baru pertama kali ada di Jakarta. Hotel Hermitage Menteng kemudian menjadi hotel pertama yang memiliki spa dengan teknik perawatan khas Betawi.

Budaya Tangas adalah tradisi Betawi yang meliputi ritual pijat, lulur, dan tangas atau diuap. Ritual Betawi ini kerap dilakukan saat perempuan hamil, setelah melahirkan, serta sebelum menikah. Laorda mengatakan pijat khas Betawi ini sangat kental unsur budayanya terlihat dari penggunaan bahan, salah satunya berupa bir pletok.

 

Karina Eva Poetry, PR Manager Hotel Hermitage Menteng, mengatakan di hotelnya hanya tersedia satu ruangan untuk spa. ''Ruangannya ukurannya juga tergolong mungil dan muat untuk satu orang. Sebab, kami lebih mendorong tamu hotel melakukan spa di kamarnya sendiri dengan terapis yang datang ke kamar,'' ujarnya.

Spa dengan konsep pemijatan Betawi ini lebih lanjut didorong dapat memajukan industri pariwisata termasuk industri pariwisata kesehatan di Jakarta.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement