Kamis 25 Sep 2014 09:15 WIB

Makanan Kaya Air Ini Cocok untuk Udara Panas (2)

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Indira Rezkisari
Tomat
Tomat

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Beberapa pekan terakhir, cuaca sedang panas-panasnya. Rasanya, setiap kali minum yang ingin ditenggak adalah minuman dingin yang menyegarkan.

Sejumlah makanan bisa menjaga tubuh tetap terhidrasi selama musim kemarau. Buah dan sayuran segar adalah salah satu makanan paling menyegarkan karena secara alami mengandung jumlah air yang tinggi.

Untuk menjaga tubuh tidak kekurangan cairan dan tetap, coba santap makanan-makanan ini. Seperti dilansir dari Womanitely, Kamis (25/9).

5. Jeruk

Jika Anda mencoba menurunkan berat badan sembari tetap terhidrasi di musim panas ini, maka pertimbangkan memasukkan jeruk ke dalam menu diet Anda. Jeruk mengandung banyak air dan senyawa pembakar lemak yang luar biasa. Makan jeruk juga membantu mengurangi kadar kolesterol dan menstabilkan gula darah. Meskipun jeruk terkadang sedikit asam, buah ini banyak manfaatnya fantastis. Cobalah menambahkan jeruk ke dalam jus atau salad buah Anda.

6. Tomat

Tomat adalah tambahan yang sesuai untuk setiap salad, burger, dan sandwich. Tomat memiliki rasa yang besar dan digunakan untuk berbagai tekstur makanan. Tomat ceri misalnya, jika dicampur dengan kacang atau keju akan menjadi makanan lezat yang membuat Anda tetap terhidrasi sepanjang hari. Jika Anda menderita jerawat parah, cobalah untuk rutin mengonsumsi tomat.

7. Seledri

Seledri memang tidak sebagus semangka dalam mengatasi dehidrasi, namun seledri itu kaya akan folat, serat, vitamin A, C, dan K. Seledri memiliki kandungan air tinggi dan membantu menetralkan asam lambung. Seledri juga bagus mengobati gejala sakit maag. Jika Anda tidak bisa makan seledri, maka Anda bisa menjadikannya campuran di jus sayur atau salad.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement