Kamis 25 Sep 2014 09:00 WIB

Makanan Kaya Air Ini Cocok untuk Udara Panas (1)

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Indira Rezkisari
Strawberry, salah satu buah dengan kandungan vitamin C yang lebih tinggi dari jeruk.
Foto: Antara
Strawberry, salah satu buah dengan kandungan vitamin C yang lebih tinggi dari jeruk.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Beberapa pekan terakhir, cuaca sedang panas-panasnya. Rasanya, setiap kali minum yang ingin ditenggak adalah minuman dingin yang menyegarkan.

Sejumlah makanan bisa menjaga tubuh tetap terhidrasi selama musim kemarau. Buah dan sayuran segar adalah salah satu makanan paling menyegarkan karena secara alami mengandung jumlah air yang tinggi.

Untuk menjaga tubuh tidak kekurangan cairan dan tetap, coba santap makanan-makanan ini. Seperti dilansir dari Womanitely, Kamis (25/9).

1. Es loli

Es loli buatan sendiri adalah salah satu makanan musim panas terbaik yang membantu Anda tetap terhidrasi. Jika Anda membeli es loli, pastikan Anda memilih es loli yang alami dan buatan, tidak mengandung gula tambahan. Air kelapa atau jus buah segar yang dijadikan es adalah kombinasi sempurna untuk menyegarkan Anda.

2. Semangka

Salah satu buah yang populer di musim panas adalah semangka. Semangka mengandung 91 persen air dan merupakan sumber lycopene, antioksidan kuat yang membantu melawan kanker. Ini adalah alasan baik mengapa Anda perlu mengonsumsi semangka. Anda bisa menambahkannya ke dalam minuman smoothie.

3. Berries

Berries adalah buah yang manis dan sangat lezat. Mereka bekerja sempurna dalam jumlah banyak untuk menjadi hidangan di musim panas. Anda bisa menambahkannya ke dalam jus, salad buah, atau yoghurt. Berries memberikan banyak nutrisi penting dan tentu saja membuat Anda tetap terhidrasi. Blueberry dan stroberi adalah salah satu buah yang membuat Anda selalu terhidrasi karena mengandung air yang banyak.

4. Ketimun

Ketimun merupakanan makanan ringan di musim panas yang renyah dan kaya 96,7 persen air berat. Menambahkan ketimun ke dalam salad atau sandwich Anda, atau sekadar menjadikannya sebagai lalapan akan menghindarkan tubuh dari dehidrasi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement