Selasa 23 Sep 2014 22:12 WIB

Puncak Carstenz Resmi Jadi Destinasi Unggulan Pariwisata Papua

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu (Tengah) bersama Bupati Intan Jaya Natalis Taboni (dua dari kiri) serta tokoh adat Intan Jaya dalam penandatanganan prasasti Kampung Wisata Ugimba dan Puncak Carstenz
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu (Tengah) bersama Bupati Intan Jaya Natalis Taboni (dua dari kiri) serta tokoh adat Intan Jaya dalam penandatanganan prasasti Kampung Wisata Ugimba dan Puncak Carstenz

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Destinasi pariwisata unggulan di Provinsi Papua bertambah. Setelah Raja Ampat, pemerintah menetapkan dua destinasi unggulan baru di provinsi paling timur Indonesia itu, yakni Kampung Wisata Ugimba serta Puncak Carstenz Pyramid. 

Puncak Carstenz Pyramid adalah satu-satunya puncak gunung di kawasan tropis yang memiliki salju abadi. Sementara Ugimba adalah desa terakhir yang dapat ditemui pendaki sebelum mencapai puncak Carsstenz. 

Peresmian dua destinasi wisata tersebut ditandai dengan penandatanganan prasasti yang dilakukan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu dan Bupati Intan Jaya Natalis Taboni di Gedung Sapta Pesona, Kantor Kementerian Parekraf, Selasa. 

Dalam sambutannya Mari Elka menyatakan sudah saatnya Puncak Carstenz menjadi salah satu destinasi unggulan di Indonesia, khususnya Papua. Puncak Carstenz memiliki potensi pariwisata yang sangat besar, karena menjadi satu-satunya puncak gunung di kawasan tropis yang memiliki salju abadi. 

"Saya sendiri kalau promosi tentang Indonesia, salah satu yang diunggulkan adalah Puncak Carstenz," ujar Mari Elka Pangestu. 

Selain itu, penetapan dua destinasi unggulan diharapkan dapat mewujudkan peningkatan kualitas hidup masyarakat Papua. Hal ini sejalan dengan visi Kemenparekraf yakni terwujudnya kesejahteraan dan kualitas hidup rakyat Indonesia melalui Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. 

"Selain sebagai pemberdayaan masyarakat juga akan berfungsi menjaga konservasi alam sekitar Puncak Carstenz Pyramid," kata Mari. 

Mari optimistis penetapan ini memberi efek langsung, karena selama ini masyarakat Ugimba sudah sering membantu wisatawan yang datang dari berbagai negara. 

"Dengan ini juga diharapkan dapat mendorong pembangunan berbagai fasilitas yang akan semakin menarik minat wisatawan," kata dia. 

Hal senada dilontarkan Natalis, yang mengatakan pihaknya dan masyarakat di Kabupaten Intan Jaya sangat bersyukur dengan ditetapkannya Kampung Wisata Ugimba dan Puncak Carstenz Pyramid sebagai destinasi unggulan pariwisata Papua. 

"Dengan begini kita harapkan obyek wisata disana (Papua) benar-benar menjadi aset nasional," kata dia. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement