Rabu 17 Sep 2014 09:30 WIB

Tak Ingin Dimusuhi Anak Tiri? Ini Tipsnya! (1)

Rep: MG ROL 25/ Red: Indira Rezkisari
Orang tua tiri perlu membuat pendekatan berbeda agar mudah diterima anak tirinya.
Foto: Prayogi/Republika
Orang tua tiri perlu membuat pendekatan berbeda agar mudah diterima anak tirinya.

REPUBLIKA.CO.ID, SIDNEY – Istilah ‘ibu tiri jahat’ kerap kali telah telanjur melekat di pikiran anak-anak, membuat orang tua tiri sulit mendekatkan diri. Orang tua tiri dianggap merebut orang tua kandung, yang sudah lama membesarkan mereka.

Perbedaan cara mendidik pun dianggap salah satu hal yang sulit diterima oleh anak. Peraturan baru umumnya membuat anak bingung, marah, bahkan tertekan.

Dikutip dari Happy Parenting, tips-tips berikut ini bisa bantu Anda dekat dengan anak tiri Anda :

1.    Biarkan orang tua kandung mendisiplinkan anak mereka

Posisi orang tua tiri tidak pernah bisa menggantikan posisi orang tua kandung di hati anak. Cara mendisipilinkan anak tiri yang salah bisa menjadi celah kesalahan Anda, yang berdampak pada semakin buruknya hubungan. Tak hanya hubungan orang tua tiri dan anak yang semakin runyam, tapi juga dengan pasangan Anda.

Serahkan pendisiplinan pada orang tua kandung, karena dia yang lebih memahami karakter anak. Selain itu, orang tua kandung juga memiliki hubungan psikologis yang lebih dekat daripada Anda.

2.    Jangan bicara buruk tentang orang tua mereka

Anak-anak mencintai orang tua mereka. Jika Anda membanding-bandingkan atau berbicara buruk tentang orang tua kandung mereka, anak-anak akan merasa kesal dan sakit hati. Jika Anda tengah berbicara mengenai hal tersebut dengan pasangan baru Anda, jauhkan topik ini dari pendengaran anak-anak tiri Anda.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement