Selasa 16 Sep 2014 17:44 WIB

Mengatur Jarak Usia Ideal Kakak Adik (1)

Rep: Qommarria Rostanti/ Red: Indira Rezkisari
Memiliki anak dengan rentang usia tidak jauh memberi tantangan tersendiri terutama pada tahun awal pertumbuhan anak.
Foto: Prayogi/Republika
Memiliki anak dengan rentang usia tidak jauh memberi tantangan tersendiri terutama pada tahun awal pertumbuhan anak.

REPUBLIKA.CO.ID, Seberapa perlu orang tua mengatur jarak kelahiran anak-anaknya? Selain faktor kesehatan, pengaturan jarak usia antar anak diperlukan agar si kakak lebih mudah menerima kehadiran anak.

Psikolog Adelina Syarif mengatakan sibling rivalry (pertengkaran kakak adik) mungkin terjadi ketika usia anak-anak begitu dekat dan biasanya berjenis kelamin yang sama. Kondisi serupa juga mungkin terpicu ketika salah satu anak lebih berbakat.

Persaingan antara saudara kandung dalam memperebutkan kasih sayang dan perhatian orang tua tersebut biasanya mulai muncul saat anak berusia tiga tahun. Anak akan memperlihatkannya dengan beberapa cara, di antaranya, berebut mainan, berebut makanan, ataupun berebut tempat untuk bisa lebih dekat dengan ayah atau ibu.

Butuh kepekaan orang tua untuk meminimalisasi terjadinya kondisi ini. “Memang tidak sepenuhnya bisa dihilangkan, tetapi itu dapat dikurangi dengan memberikan perhatian yang sama pada setiap anak,” kata dia.

Memiliki anak dengan rentang usia yang tidak terpaut jauh sudah pasti memiliki tantangan tersendiri pada tahun-tahun awal pertumbuhan anak. Ibu akan merasa seperti memiliki anak kembar karena pertumbuhan mereka berada dalam masa yang relatif bersamaan. Tak hanya itu, rentang usia anak yang dekat membuat orang tua lebih repot mengumpulkan uang untuk biaya pendidikan anak-anak.

Akar permasalahan sibling rivalry adalah kurangnya waktu dan perhatian yang dimiliki suatu keluarga. Seorang kakak yang iri terhadap adiknya menganggap adik sebagai penyebab hilangnya beberapa kenikmatan yang selama ini menjadi miliknya seorang.

“Iri hati kakak pada adik merupakan suatu yang sering terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Sang kakak biasanya iri ketika ibu terkesan lebih memerhatikan adik,” ucap Adelina.

Bagi anak-anak, yang mereka perebutkan adalah waktu, perhatian, cinta, dan penerimaan yang diberikan orang tua kepada setiap anak. Untuk itu, sebaiknya orang tua tidak memberikan cap negatif pada anak. Hindari pula membanding-bandingkan anak yang satu dengan yang lain karena setiap anak dikaruniai bakat yang berbeda-beda.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement