Selasa 16 Sep 2014 16:10 WIB

Hidup Sehat dengan Mengganti Makanan-Makanan Ini (2-Habis)

Ganti roti putih dengan roti gandum yang lebih sehat.
Foto: Rakhmawaty La'lang/Republika
Ganti roti putih dengan roti gandum yang lebih sehat.

REPUBLIKA.CO.ID, Mengadopsi pola makan sehat tak selalu berarti mengubah total apa yang dimakan. Kadang, menghilangkan satu bahan bisa mengurangi jumlah kalori atau menggantinya dengan makanan lain bisa menaikkan kadar nutrisinya.

Beberapa bahan makanan yang bisa diganti dengan pilihan yang lebih sehat juga terkadang sudah tersedia bahan-bahannya di dapur rumah. Seperti dikutip dari laman Kitchendaily, Selasa (16/9), berikut beberapa perubahan yang bisa dilakukan agar pola makan jadi lebih sehat.

* Mengganti daging dengan jamur

Jamur pada dasarnya mengandung umami, senyawa yang membuat makanan terasa gurih. Mengganti daging dengan jamur bisa dilakukan jika benar-benar ingin mengurangi kalori. Tapi bila bukan kalori yang menjadi masalah, coba kurangi porsi daging dan tambahkan porsi jamur untuk mendapat hidangan yang lebih sehat.

* Mengganti roti dengan roti gandum

Memilih roti gandum sebagai pilihan ketimbang roti putih biasa. Anda pun akan merasakan makanan dengan serat lebih banyak dengan lebih sedikit kalori.

* Mengganti mayones dengan alpukat

Alpukat memiliki kandungan lemak yang kaya. Alpukat bahkan sedang menjadi tren terbaru makanan sehat. Ganti mayones pengisi roti dengan alpukat yang dihaluskan. Dari segi gizi, alpukat mengandung jauh lebih banyak nutrisi ketimbang mayones.

* Mengganti saus tomat dengan mustar

Saus tomat memiliki banyak kandungan gula. Satu sendok makan saus tomat mengandung lebih dari 4 gram gula dan 20 kalori lebih banyak. Sementara itu saus mustar tidak mengandung gula dan hanya memiliki 3 kalori per satu sendok makannya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement