Selasa 16 Sep 2014 12:41 WIB

Menyusui Dua Anak, Apakah ASI Akan Cukup?

Air Susu Ibu (ASI)
Air Susu Ibu (ASI)

REPUBLIKA.CO.ID, Dok, saya sedang menyusui anak pertama, lelaki 18 bulan. Saya juga memiliki anak kedua perempuan 2 bulan. Bagaimana agar saya bisa memberi ASI utk keduanya ya, dok?

Karena menyusui dua anak, apa ASI saya cukup? Terima kasih.

Peppy (28 tahun)

Jawaban:

Salam ASI!

Terimakasih bunda sudah memilih ASI untuk kedua buah hatinya. Bunda memiliki dua buah hati dalam masa menyusui dan bunda tetap memberikan ASI untuk keduanya, ya.

ASI diproduksi mengikuti prinsip supply meet demand. Artinya, semakin sering ASI dikeluarkan dari payudara maka produksi akan menyesuaikan. Bunda tengah menyusui dua anak, tentunya ASI lebih sering dikeluarkan ya bunda.

ASI dalam payudara bunda produksinya mengikuti yang bunda keluarkan, sehingga justru bisa lebih banyak dibandingkan bunda-bunda yang hanya menyusui satu bayi. Itulah luar biasanya ASI.

Manajemen menyusui yang dapat dilakukan saat menyusui kedua buah hati, bisa dilakukan dengan tetap menyusui mereka sesuai kemauan anak-anak. Menyusui bisa dilakukan berbarengan (tandem nursing). Atau secara simultan misalnya adiknya menyusu sampai tuntas lalu kakaknya disusui di payudara yang belum disusui.

ASI di dalam payudara terbentuk saat kehamilan menginjak usia 4 bulan dan mengikuti kebutuhan bayi yang baru dilahirkannya. Sehingga, ASI yang ada saat ini disesuaikan dengan kebutuhan adik. Mengingat usia kakaknya yang sudah 18 bulan, kebutuhan nutrisi berasal dari MPASI yang memegang persentase lebih banyak dibandingkan ASI.

Hal ini mencerminkan bahwa ASI bunda tetap cukup untuk kakak dan adik. Pastikan kebutuhan MPASI kakak sesuai dengan usianya juga ya bunda, pantau selalu pertumbuhan buah hati melalui kurva pertumbuhan WHO yang ada di buku kesehatan anak-anak.

Terima kasih.

Selamat menyusui!

dr Gita Tiara Paramita

Konselor Laktasi-Klinik Anak ASI Sehat RS Meilia Cibubur

 

 

Kolom Dokter Kita diasuh oleh RS.Meilia Cibubur

Kirim pertanyaan Anda ke email : [email protected]

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement