Jumat 05 Sep 2014 13:20 WIB

Memasak dengan Mi Sehat Shirataki

Perhatikan tekstur saat memasak dengan mi shirataki.
Foto: slism.com
Perhatikan tekstur saat memasak dengan mi shirataki.

REPUBLIKA.CO.ID, Mi shirataki pantas disebut sebagai makanan sehat terbaru. Dalam sekitar 100 gram mi shirataki hanya terkandung 10 kalori, 5 gram lemak, 3 gram karbohidrat, dan kurang dari 1 gram protein.

Sementara dalam 50 gram angel hair pasta merek Barilla terkandung 200 kalori, 1 gram lemak, 42 gram karbohidrat, dan 7 gram protein. Namun, mi shirataki harganya lebih tinggi dari pasta. Satu bungkusnya bisa mencapai Rp 32 ribu, sementara satu boks pasta harganya hanya separuhnya.

Ketika memasak dengan mi shirataki perhatikan teksturnya. Seperti dilansir dari Huffingtonpost, mi ini menyerupai mi kaca yang banyak digunakan untuk bahan tumisan dalam masakan Asia. Jadi kalau ingin menciptakan makanan tanpa mengkompromikan rasa, gunakan mi shirataki untuk resep-resep Asia. Seperti sukiyaki dan mi shirataki sebagai pengganti bihun.

Untuk menu barat, shirataki tetap bisa dipakai sebagai pengganti pasta dalam menu tradisional Italia. Misalnya, spageti dengan saus marinara yang diberi potongan terung.

Atau, coba ciptakan 'makaroni' panggang dengan keju leleh dengan mengganti makaroni menggunakan mi shirataki.

Ada banyak yang bisa dikreasikan dengan sekantung mi shirataki di lemari es. Masak ala ramen atau tambahkan dalam semangkuk sup kegemaran.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement