Sabtu 28 Jun 2014 19:33 WIB

Solo Karier, Carlo Saba Pilih Distribusi Digital

Carlo Saba
Foto: Republika/Yogi Ardhi
Carlo Saba

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Nama Carlo Saba sangat melekat dengan grup band Kahitna. Namun kini Carlo juga tengah mencoba peruntunganya sebagai penyanyi solo.

Tidak tanggung-tanggung, pria yang ramah senyum ini langsung meluncurkan album bertajuk "Love Songs".

"Ada 10 track dalam album ini, dengan lagu 'Kepingan Cinta' sebagai andalan," ujar Carlo Saba saat berbincang dengan wartawan, beberapa waktu lalu di Jakarta.

Carlo menjelaskan, lagu andalannya itu hadir dengan konsep minimalis akustik. Di lagu tersebut mengalun dentingan grand piano serta gesekan biola. Selain ‘Kepingan Cinta” lagu “When I Said” yang hadir di track ke-2 memiliki sisi aransemen dan karakter yang unik, yaitu konsep aransemen band dengan pendekatan akustik yang sangat terasa.

Di track ke-3 terdapat “Ada Cinta Yang Lain". Lagu ini sangat kuat dengan interval melodi yang sangat jauh, dengan pendekatan lirik yang unik. Sangat terasa perpaduan konsep antara aransemen orkestrasi full dengan instrumen lainnya berbaur dengan backing vocal yang sangat apik dari Saba, sehingga ekspresi lagu ini menjadi sangat pas.

Lagu “Setahun Kemarin” di album “Love Songs” Carlo Saba dibuat versi yang sangat berbeda dari original di Kahitna. Ada unsur nuansa beat yang baru dilengkapi dengan sentuhan DJ. Disini Carlo Saba mampu memberikan nuansa baru yang lebih segar dibandingkan versi orginalnya. Kejutan menanti untuk para pendengar di lagu “Setahun Kemarin”

''Saya merasa sangat bahagia dengan lagu-lagu yang saya compose ini. Semoga para pendengar bisa menikmati album perdana saya,'' ujarnya.

Soal distribusi album, Carlo memutuskan untuk menjualnya secara digital. Bagi dia, berjualan di gerai semacam iTunes menjadi solusi di tengah lesunya penjualan secara fisik.

''Saya rasa ini sangat membantu setiap artis atau musisi baru yang memiliki produk-produk baru untuk karyanya. Dengan berjualan secara digital inilah karya kita bisa didengar oleh semua fansnya di mana saja,'' kata Carlo.

Dalam mendistribusikan karyanya secara digital, Carlo menggandeng brand INSIDE yang membantunya dalam pendistribusian karya secara digital.

''Saya merasa pemasaran macam ini sangat membantu kami. Saya berharap  karya saya ini tidak hanya bisa dibeli orang di Indonesia saja tetapi dapat juga terdistribusi sampai ke luar negeri,'' ujar Carlo.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement