Senin 16 Jun 2014 02:40 WIB

Angelina Jolie Dapat Penghargaan Khusus dari Ratu Inggris

Rep: Nora Azizah/ Red: Mansyur Faqih
Angelina Jolie
Foto: ap
Angelina Jolie

REPUBLIKA.CO.ID, INGGRIS -- Angelina Jolie mendapatkan kehormatan khusus dari Ratu Inggris. Ia menerima penghargaan dalam kampanyenya melawan kekerasan seksual di zona perang. 

Aktris papan atas Hollywood tersebut merupakan utusan khusus dari UN High Commisioner for Refugees (UNHCR). Jolie menjadi salah satu penerima penghargaan dari 1.149 lainnya yang berkontribusi terhadap masyarakat Inggris. 

Penghargaan tersebut diberikan saat perayaan ulang tahun Ratu Inggris pada Sabtu (14/6), seperti dilansir dari reuters. Dalam daftar tersebut juga termasuk di dalamnya Stephen Sutton yang mengumpulkan dana bagi penderita kanker remaja dan gelar kebangsawanan untuk aktor Daniel Day-Lewis.

Aktris berusia 39 tahun itu membuat sebuah gerakan The Preventing Sexual Violence Initiative bersama Menlu William Hague pada 2012. Meski mendapat penghargaan, Jolie hanya memperolehnya dalam bentuk 'kehormatan'. 

Sebab dia bukan tidak memiliki kewarganegaraan Inggris. "Mendapatkan gelar kehormatan dari negara luar sangat berarti lebih untuk saya," katanya dalam sebuah pernyataan. 

Aktris yang membintangi film Salt itu juga merasa bangga disandingkan dengan Sutton dalam penghargaan tersebut. Sutton mengkampanyekan kanker dan mendapatkan dana sekita 7 juta dollar AS. 

Semua diraihnya dari media sosial sebelum kematiannya pada Mei lalu di usia 19 tahun. Sementara Day-Lewis yang berusia 57 tahun merupakan aktor terbaik Oscar. "Saya tersentuh dengan apa yang dilakukan Sutton sebagai remaja," kata aktris peraih Oscar tersebut. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement