Senin 19 May 2014 11:29 WIB

Mengenal Manfaat Mentega (2-Habis)

Rep: Desy Susilawati/ Red: Indira Rezkisari
Mentega
Foto: ifood.tv
Mentega

REPUBLIKA.CO.ID, Mau tahu apa manfaat mengkonsumsi mentega? Berikut 10 alasan memasukkan mentega dalam menu sehari-hari :

1. Vitamin A pada mentega paling mudah diserap. Vitamin A mendukung fungsi tiroid dan kelenjar adrenal dan pada akhirnya menyehatkan sistem kardiovaskular.

2. Mentega tidak menyebabkan kelebihan lemak tubuh karena mengandung asam lemak rantai pendek dan menengah yang dibakar untuk energi cepat dan tidak disimpan. Mentega memberikan perasaan kenyang yang dapat menurunkan hasrat dan makan berlebih.

3. Mentega kaya antioksidan termasuk vitamin A dan E serta selenium melindungi terhadap penyakit jantung serta kanker.

4. Mentega merupakan sumber yang baik dari diet kolesterol yang bertindak sebagai antioksidan, memperbaiki kerusakan akibat radikal bebas yang disebabkan lemak tengik, minyak nabati, dan lemak trans. Kolesterol juga penting bagi perkembangan otak dan sistem saraf dalam anak.

5. Lemak jenuh dalam mentega terdiri atas asam lemak rantai pendek dan menengah yang memiliki sifat antitumor dan juga memperkuat sistem kekebalan tubuh.

6. Mentega mengandung asam linoleat terkonjugasi (CLA) yang melindungi tubuh dari kanker.

7. Ketika dalam keadaan mentah dan tidak dipasteurisasi, mentega memiliki properti antikekakuan yang disebut faktor Wulzen yang baik untuk menangkal arthritis, katarak, dan pengerasan pembuluh darah.

8 Mentega merupakan sumber yodium yang baik dalam bentuk yang sangat mudah diserap dan diperlukan untuk fungsi tiroid.

9. Mentega juga baik untuk kesehatan pencernaan dan menurunkan tingkat diare pada anak.

10. Mentega merupakan sumber vitamin K2 yang baik untuk mencegah kerusakan gigi dan membangun gigi dan tulang yang kuat. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement