Kamis 01 Nov 2018 15:20 WIB

Enam Lemak Baik Bagi Anda yang Sedang Diet Keto

Pelaku diet keto mengonsumsi lebih banyak lemak.

Rep: Nora Azizah/ Red: Ani Nursalikah
Buah Zaitun
Foto: Boldsky
Buah Zaitun

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ada beberapa cara di dalam diet keto yang bahkan diketahui pelaku diet non-keto. Pertama, pelaku diet harus mengurangi asupan karbohidrat setidaknya 50 gram sehari. Kedua, makanlah lebih banyak lemak.

Mungkin kedengarannya cukup mudah tetapi kenyataannya sulit dilakukan. "Hampir semua jenis mentega dan minyak bisa dikonsumsi pelaku diet keto," ujar peneliti dari Keatley Medical Nutrition Therapy Scott Keatley, dilansir di Women's Health Mag.

Pada dasarnya ada beberapa jenis lemak yang penting dan masih bisa dikonsumsi. Salah satunya lemak jenuh yang terdapat di dalam mentega dan minyak kelapa. Apabila dikonsumsi sebenarnya tubuh akan baik-baik saja.

Jenis lemak jenuh tersebut memang bisa meningkatkan kadar kolesterol LDL atau yang tidak diperlukan oleh tubuh. Namun, lemak jenuh juga menghasilkan kolesterol HDL yang baik. Jenis lemak ini juga dibutuhkan tubuh.

Beberapa jenis lemak dari bahan makanan dianjurkan saat diet keto. Berikut daftarnya.

Ikan dan Minyak Ikan

Keatley mengatakan, minyak ikan mengandung lemak polyunsaturated di dalam rantai panjang. Secara sederhana, minyak ikan mengandung omega 6 dan 3, serta asam lemak. "Jenis lemak ini tidak bisa dibuat oleh tubuh kita," jelas Keatley.

Makanan dengan omega 3 juga berguna bagi kesehatan otak. Namun perlu diketahui, konsumsi minyak ikan bukan dengan menggunakannya saat memasak. Minyak ikan dapat dikonsumsi dalam bentuk suplemen. Cara terbaik adalah memasak beberapa jenis ikan, seperti salmon.

Alpukat dan Minyak Alpukat

Seperti minyak ikan, minyak alpukat pada umumnya dikemas dengan asam lemak jantung sehat. "Sudah banyak ilmu pengetahuan yang menjelaskan perihal ini," kata Keatley. Minyak poli dan monounsaturated di dalam alpukat, zaitun, dan kanola lebih bermanfaat. Minyak alpukat memiliki titik asap yang tinggi sehingga lebih bagus dipakai untuk memasak dan menggoreng dengan api tinggi.

photo

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement