Selasa 25 Feb 2014 06:36 WIB

10 Tips Menghindari Bahaya di Pantai (3-Habis)

Rep: mutia ramadhani/ Red: Muhammad Hafil
Pemandangan pantai di Pulau Belitung
Foto: informasitips.com
Pemandangan pantai di Pulau Belitung

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Berada di bawah sinar matahari di pantai atau berenang di laut mungkin sangat menyenangkan. Namun, tak ada yang bisa menghindar jika pantai juga mengandung sejumlah bahaya. ROLers, berikut adalah beberapa tips penting yang bisa membantu Anda menghindari bahaya umum di pantai.

7. Patuhi aturan keselamatan

Di pantai, Anda harus senantiasi mematuhi aturan keselamatan dari pengelola pantai. Tetaplah Anda berada dalam pengawasan menara penjaga pantai. Tidak hanya itu, mematuhi aturan keselamatan ini untuk meminimalkan potensi tenggelam, juga melindungi diri Anda dari musibah tak terduga.

8. Perhatikan kualitas air laut di pantai

Kadang-kadang, ada pantai yang mengalami kebocoran tar dan tumpahan minyak yang bisa mencemari perairan laut di dekatnya. Ini berpotensi mengandung racun dan Anda juga bisa tercemar karenanya. 

9. Periksa laporan cuaca

Jika Anda tinggal di daerah dimana cuaca bisa berubah setiap waktu dan tak terduga, maka pastikan Anda memeriksa laporan cuaca sebelum menuju pantai. Di Amerika Serikat, rata-rata 62 orang tewas akibat cuaca tak terduga di pantai. Anda juga harus menghindari mengunjungi pantai ketika terjadi badai hujan.

10. Hati-hati langkah Anda

Sebaiknya Anda tetap mengenakan alas kaki di pantai. Hati-hatilah dalam melangkah, sebab siapa tahu Anda menginjak kerang rusak, pecahan kaca, atau pecahan logam. Tidak hanya menyebabkan luka di kaki Anda, maka bekasnya juga bisa menimbulkan penyakit dan infeksi. Pakailah senantiasa sepatu dan sandal Anda ketika berada di pantai. (Mutia Ramadhani)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement