Kamis 02 Jan 2014 17:37 WIB

Pengunjung Antusias Saksikan Bunga Rafflesia Patma Mekar

Rep: C54/ Red: Hazliansyah
Bunga Rafflesia Patma yang mekar di Kebun Raya Bogor
Foto: Republika/C54
Bunga Rafflesia Patma yang mekar di Kebun Raya Bogor

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Rafflesia Patma si bunga raksasa kembali mekar di Kebun Raya Bogor (KRB), Kamis (2/1). Berkembangnya parasit cantik itu sekaligus menandai kali ke tujuh keberhasilan KRB membungakan Rafflesia Patma di luar habitat aslinya, di pesisir Selatan Jawa.

Fenomena langka ini tak ayal menarik perhatian para pengunjung Kebun Raya. Lokasinya yang jauh di sisi utara tak menghalangi gairah mereka untuk menyaksikan langsung mekarnya bunga penebar bau bangkai itu.

Salah seorang pengunjung, Wihelmina (35) rela menempuh setengah jam perjalanan dari Museum Zoologi di tepi Selatan Kebun Raya demi memenuhi rasa penasarannya menyaksikan peristiwa itu.

Selain minatnya secara pribadi, ibu muda asal Depok itu mengaku ingin menjadikan kesempatan tersebut sebagai media pendidikan bagi kedua anak dan seorang keponakan yang tengah mengisi liburan bersamanya. 

“Walaupun capek, tapi puas bisa melihat langsung,” kata dia, Kamis (2/12).

Di lokasi mekarnya, si bunga dilindungi oleh teralis pagar berukuran tiga meter persegi serta dijaga salah seorang petugas keamanan. Berulang kali sang petugas mewanti-wanti pengunjung untuk tidak menginjak akar tetrastigma (Sejenis Anggur-angguran), tanaman yang menjadi inang si bunga. Dia juga terus berpesan agar pengunjung tak menggunakan lampu kilat saat memotret si bunga.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement