Sabtu 23 Nov 2013 07:07 WIB

Resep Sedap Saus dari Pepaya

Pepaya
Pepaya

REPUBLIKA.CO.ID, Buah tak hanya nikmat disantap apa adanya. Chef Vindex Tengker membuktikan ada beragam menu yang bisa disantap dengan buah Nusantara. Menu yang diraciknya juga bukan sekadar hidangan pencuci mulut. Vindex membuktikan memasak dengan buah bisa dilakukan tanpa mengurangi cita rasa buah yang segar. 

Coba buat saus dari pepaya yang cocok disantap dengan pangsit Jepang atau gyoza isi daging ayam dan udang. Cara nya mudah. Haluskan pepaya matang hing ga menyerupai bubur atau puree. Biar kan pepaya halus dengan bantuan sendok. Hindari tekstur yang terlalu halus seperti jus. Tambahkan madu atau gula aren, parutan kulit jeruk nipis, perasan jeruk nipis, daun mint yang dicincang, garam, dan bubuk cabai atau bubuk paprika. 

Atau coba hidangkan ketan hitam dengan potongan mangga untuk disantap dengan ikan dori yang dibumbui serai dan daun ketumbar. ‘’Ide makanan ini terinspirasi dari menu mangga dan ketan asal Thailand,’’ ujar Vindex. Ia menambahkan, di Hawaii menu serupa terdapat pula namun ditambahkan ikan yang dibumbui. 

Ketan hitam dimasak dengan cara biasa. Ketika hendak disantap cukup tambahkan potongan mangga. ‘’Mangga apa saja bisa digunakan, asal yang matang bukan mangga rujak,’’ terangnya. Mangga memberi sentuhan rasa segar pada menu ini. Warna mangga yang kuning juga menambah keindahan hidangan. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement