Kamis 11 Apr 2024 00:40 WIB

Rutin Makan Pepaya saat Perut Kosong, Apa yang Terjadi pada Tubuh?

Enzim superstar dalam pepaya bertindak sebagai detoksifikasi alami.

Rep: Santi Sopia/ Red: Friska Yolandha
Pepaya (ilustrasi). Ini Manfaat memakan pepaya saat perut kosong.
Foto: www.pexels.com
Pepaya (ilustrasi). Ini Manfaat memakan pepaya saat perut kosong.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pepaya merupakan buah tropis cukup digemari banyak orang. Selain menawarkan rasa yang manis ketika matang, pepaya dikemas dengan nutrisi penting dan enzim yang kuat.

Pepaya dapat menjadi tambahan yang berharga untuk pola makan harian. Tapi, apakah buah ini lebih baik dimakann saat perut masih kosong?

Manfaat Pepaya

Chaitali Rane, ahli gizi klinis di PD Hinduja Hospital, Mumbai, India, mengatakan selain enzim, pepaya juga merupakan sumber karotenoid, alkaloid, monoterpenoid, flavonoid, serta vitamin dan mineral. Mikronutrien ini bekerjasama untuk mendukung berbagai fungsi tubuh.

"Ini termasuk menjaga kesehatan aliran darah dan berpotensi mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke," kata Rane, dilansir dari Indian Express, Selasa (9/4/2024).

Buah pepaya menawarkan manfaat ketika dikonsumsi saat perut masih kosong. Inilah manfaatnya bagi kesejahteraan Anda, menurut Rane.

1. Detoks pagi hari

Papain, enzim superstar dalam pepaya, bertindak sebagai detoksifikasi alami, membantu menghilangkan produk limbah dari tubuh. Selain itu, sifat pencernaan papain mendorong kelancaran buang air besar, sehingga berpotensi meredakan sembelit.

2. Pereda Keasaman

Berjuang dengan sakit maag? Pepaya mungkin bisa memberikan sedikit rasa lega. Sifat laksatif pada pepaya dapat membantu mengurangi hiperasiditas dengan meningkatkan sistem pencernaan, menciptakan lingkungan yang lebih seimbang.

Dengan kandungan kalori yang....

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement