Sabtu 08 Apr 2023 05:54 WIB

Rendam Mangga di Air Beberapa Jam Sebelum Dimakan, Ahli: Bisa Optimalkan Nutrisi

Apakah merendam mangga terkait dengan manfaat tertentu, atau hanya mitos belaka?

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Qommarria Rostanti
Buah mangga (ilustrasi). Merendam mangga di air selama beberapa jam sebelum dimakan dipercaya dapat mengoptimalkan nutrisi.
Foto: www.freepik.com
Buah mangga (ilustrasi). Merendam mangga di air selama beberapa jam sebelum dimakan dipercaya dapat mengoptimalkan nutrisi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Selain rasanya yang enak dan menyegarkan, mangga kaya nutrisi, di antaranya mengandung antioksidan dan serat yang bisa meningkatkan energi dan mencegah masalah pencernaan seperti sembelit. Banyak orang lebih memilih untuk langsung mengupas mangga dan menyantapnya, sebagian orang terutama di India, terbiasa merendam mangga selama beberapa jam sebelum mengonsumsinya.

Apakah merendam mangga terkait dengan manfaat tertentu, atau hanya mitos belaka? Ahli nutrisi di Zen Multispeciality Hospital, Priya Palan, mengatakan bahwa merendam mangga sebelum disantap bisa membantu mengoptimalkan nutrisi yang didapat dari buah tersebut.

Baca Juga

Mangga terdiri atas asam fitat. Perendaman mangga akan membantu mengurangi asam fitat yang bertindak sebagai antinutrisi dan mengurangi penyerapan nutrisi dalam tubuh.

“Merendam mangga membantu meningkatkan aktivitas enzim yang membantu memecah asam fitat,” kata Priya seperti dilansir Hindustan Times, Jumat (7/4/2023).

Ahli gizi klinis di Narayana Hrudalaya Multi Speciality Hospital Ahmedabad, Shruti Bharadwaj, sepakat dengan pendapat Priya. Dia mengatakan bahwa merendam mangga akan membantu menghilangkan anti-nutrisi. Anti-nutrisi menghalangi penyerapan beberapa nutrisi seperti zat besi, kalsium, dan lainnya.

“Merendam mangga selama tiga hingga empat jam sudah cukup untuk menghilangkan pestisida. Anda dapat merendamnya dalam air keran biasa," kata Shruti.

Selain menghilangkan asam fitat, ada beberapa manfaat dari merendam mangga menurut Shruti dan Priya. Berikut uraiannya:

1. Pembasmi lemak

Mangga memiliki banyak kandungan fitokimia. Oleh karena itu, merendamnya akan mengurangi konsentrasi fitokimia dan menjadikannya sebagai pembakar lemak alami.

2. Mencegah penyakit

Merendam mangga dalam air menghilangkan semua pestisida dan bahan kimia. Selain itu, kotoran, debu dan tanah pada mangga akan hilang sepenuhnya, sehingga tubuh akan terlindungi dari ancaman penyakit.

Mengonsumsi mangga juga meningkatkan kekebalan tubuh, meningkatkan pencernaan dan kesehatan usus, serta bermanfaat untuk mata, rambut dan kulit. Untuk mendapatkan semua manfaat kesehatan dari mangga, Anda harus merendamnya dalam air selama beberapa jam sebelum memakannya.

3. Mencegah perut kembung

Perendaman membantu mengurangi tingkat perut kembung yang disebabkan oleh oligosakarida yang tidak tercerna. Ini membantu mencuci mangga secara menyeluruh dan menghilangkan pestisida dan insektisida yang digunakan pada tanaman. Perendaman membantu mengurangi efek termogenik mangga dan dengan demikian mengurangi panas yang dihasilkan saat makan.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement