Kamis 15 Aug 2013 15:54 WIB

Simak 6 Jurus Memasak Telur Mata Sapi Sempurna

Telur Mata Sapi
Telur Mata Sapi

REPUBLIKA.CO.ID, Mari jujur, apakah Anda termasuk yang pernah bertanya, "Seperti apa sih membuat telur mata sapi yang ideal?". Itu berarti Anda tidak sendiri.

Memang, tidak ada sesuatu yang sempurna dan juga menyangkut menggoreng telur mata sapi. Apalagi telur goreng adalah sesuatu yang pribadi.

Ada yang suka setengah matang, ada yang hanya mau menyantap telur yang digoreng hingga kecokelatan dengan pinggiran renyah. Jadi tidak ada cara yang paling benar untuk membuatnya, tidak ada buku panduan atau resep khusus, karena yang dibutuhkan cuma sedikit minyak atau mentega bergantung pada selera, wajan anti lengket--yang direkomendasikan, dan tentu saja kompor serta telur. Soal garam pun ada yang suka atau tidak.

Ketika menyangkut banyak versi kesempurnaan, tidak ada salahnya menengok enam metode yang disajikan oleh Lifehacker.com

Metode 1: Lunak dan Lembut.

Panaskan wajan antilengket atau wajan besi dalam panas tinggi selama satu menit, lalu lelehkan sepotong kecil mentega. Pecah dan masukkan telur di atas kolam mentega dan turunkan panas menjadi medium. Tuang sedikit air, sekitar satu sendok makan, tutupi wajan selama 30 detik hingga telur mendidih. Ketika telur sudah berbentuk putih dengan kuning di tengah, gelincirkan telur ke piring dan beri garam sedikit.

Metode 2. Take No Prisoner

Panaskan wajan antilengket hingga suhu tinggi. Tuangkan minyak zaitun, jangan terlalu sedikit dan biarkan sedikit mendidih. Pecahkan telur dan turunkan suhu kompor. Lalu tuangkan minyak panas di wajan ke atas telur, terutama bagian putih di dekat kuning telur. Bila Anda ingin sedikit nekat, tutup wajan setelah telur di masukkan lalu goyang wajan agar telur bergeser dan bagian pinggir terlihat krispi. Angkat, taburkan garam dan hidangkan.

Metode 3. Tekan ke Bawah

Panaskan setengah sendok makan mentega di atas wajan antilengket kecil hingga suhu sedang. Ketika mentega mulai mendidih--jangan sampai berasap--masukkan telur. Beri garam dan bubuk merica. Begitu pinggir telur terlihat cokelat, balik perlahan telur. Tekan bagian tebal atau putih di dekat kuning telur sehingga putih telur yang masih cair keluar ke wajan dan matang. Beri lagi garam dan merica. Begitu putih telur matang, angkat dan sajikan.

Metode 4: Gaya Sentuhan Hewani

Panaskan wajan antilengket hingga suhu sedang lalu masukkan lemak hewan, bisa lemak ayam atau sapi. Masaklah telur dengan Metode 'take no prisoner' atau 'tekan ke arah wajan'

Metode 5: Pangang.

Panaskan oven sebelumnya hingga 200 derajat Celsius. Panaskan satu sendok makan minyak zaitun di dalam wajan khusus oven hingga sedang. Ketika minyak mulai hangat namun tidak panas, masukkan telur dan biarkan tanpa di sentuh hingga bagian putih memutih. Masukkan ke dalam oven hingga matang sepenuhnya, sekitar 3 menit saja.

Metode 6: Semakin Banyak Minyak Semakin Baik

Panaskan wajan antilengket hingga pana sedang, lalu tuang empat sendok makan besar minyak zaitun. Begitu mendidih--tapi tidak sampai berasap--masukkan telur ke wajan. Sendoki minyak panas untuk memandikan telur. Setelah bagian putih memutih--tapi belum sepenuhnya matang, tangkupkan telur hingga kuning telur tertutup. Cara ini bisa menjaga kuning telur tetap cair. Terus siram telur dengan minyak hingga putih telur berwarna kecokelatan, setelah itu angkat sajikan dengan taburan garam. Hasilnya telur akan kaya tekstur dan rasa karena bagian luar kecokelatan dan garing renyah namun bagian dalam tetap lunak dan kuning tidak menggumpal.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement