Sabtu 20 Jul 2013 09:58 WIB

Bikin Cokelat Sendiri Yuk, Ini Caranya

cokelat
cokelat

REPUBLIKA.CO.ID, Siapa bilang membuat cokelat itu sulit. Bahkan, membuat cokelat bisa dikerjakan di rumah sambil melibatkan anak-anak. Tentu, anak-anak akan sangat gembira bisa membuat sendiri makanan kegemaran mereka, dengan berbagai macam bentuk yang disukai. Bayangkan, membuat cokelat bersama si kecil pada hari libur. Sangat mengasyikkan bukan? Selain bisa mempererat hubungan antara orang tua dan anak, kegiatan membuat cokelat bersama anak juga bisa melatih kemandirian dan meningkatkan ketrampilan si kecil.

Berikut adalah langkah praktis membuat cokelat yang bisa Anda praktikkan bersama anak tercinta:

* Cokelat masak (cooking chocolate) dipotong kecil-kecil kemudian ditim agar meleleh. Satu saran untuk Anda, ketika melelehkan cokelat, jangan biarkan cokelat terlalu lama di atas kompor. Kalau sudah setengah menggumpal, matikan kompor karena cokelat akan meleleh dengan sendirinya. Perlu juga Anda catat, dalam melelehkan cokelat, jangan dicampur dengan air.

* Setelah cokelat meleleh dan kental, siapkan cetakan sesuai selera. Masukkan cokelat kental ke dalamnya. Bersama cetakannya, cokelat kemudian didinginkan di kulkas selama 10 hingga 15 menit. Agar hasil cetakan maksimal, selalu gunakan cetakan yang benar-benar bersih.

* Kini, cokelat dengan aneka bentuk menarik, siap dinikmati bersama seluruh anggota keluarga. Dijadikan bingkisan untuk tetangga atau teman? Tentu sangat oke.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement