Rabu 27 Feb 2013 08:33 WIB

Album 21 Milik Adele Terlaris di Dunia Selama 2012

Rep: Nur Aini/ Red: Citra Listya Rini
Adele
Adele

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Album berjudul 21 milik penyanyi Inggris, Adele menduduki puncak teratas dalam album terlaris di dunia selama 2012. Penjualan album yang dirilis Januari 2011 tersebut mencapai 8,3 juta kopi tahun lalu berdasarkan Federasi Industri Ponografris Internasional.

Total pendapatan musik mencapai 0,3 persen dari 16,5 miliar dolar AS, tertinggi dalam sejak 1999. Analis industri musik, Paul Williams mengatakan kenaikan tersebut sangat signifikan. "Setelah bertahun-tahun grafis menurun, akhirnya naik lagi," ungkapnya seperti dilansir BBC, Rabu (27/2).

Dalam laporan lembaga tersebut, pendapatan musik digital naik 9 persen tahun lalu dan pendapatan total sekarang mencapai 34 persen dibanding tahun sebelumnya. Single Carly Rae Jepsen, 'Call Me Maybe' mendapat penjualan single tertinggi pada 2012 dengan 12,5 juta unit di seluruh dunia.

Album Red dari Taylor Swift menduduki posisi kedua album terlaris dengan penjualan sekitar 5 juta kopi. Sementara itu, album One Direction berada di nomor tiga dan empat terlaris di dunia. Posisi tersebut masing-masing untuk album pertama Up All Night dan album kedua, Take Me Home, dengan 4,5 juta kopi dan 4,4 juta kopi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement