Rabu 13 Feb 2013 19:05 WIB

Warna Bisa Buat Pria Memikat, Tengok Kiatnya

Warna pun bisa memberi aksen kuat terhadap busana pria.
Foto: ZAMADOMA.WORDPRESS
Warna pun bisa memberi aksen kuat terhadap busana pria.

REPUBLIKA.CO.ID, Seorang pria yang tahu bagaimana menggunakan warna dan memadukan dengan elemen busana lain benar-benar bisa membuat orang menoleh kagum. Menurut mantan direktur fesyen Esquire sekaligus pendiri Chic Simple Ltd, Kim Johnson Gross, pria tak perlu takut terhadap warna, sebab yang diperlukan adalah sikap terbuka menerima warna.

Pria, ujarnya, mesti bereksperimen dengan warna meski hanya dengan kaus. Berikut tujuh tip yang disarankan oleh Kim lewat About.com

1. Bila sedang di negara empat musim, gunakan warna terutama pada musim semi dan panas.

Musim panas merupakan waktu perayaan dalam satu tahun. Warna cerah dan terang adalah kekuatan. Jadi jangan ragu kenakan koleksi berwarna anda. Bila Anda bingung, pilihlah warna yang menjadi yang bisa mempercerah warna kurit dan rambut anda.

2. Hindari kaus berwarna beige

Warna ini dinilai buruk bagi wajah dan sangat jarang bisa memberi efek bagus bagi pemakaianya. Kim Johnson Gross mengaku heran mengapa masih ada  desainer masih terus mengeluarkan warna tersebut.

3. Biru Prancis

Biru Prancis atau biru kobalt, yakni biru pertengahan namun intensitas kuat, bisa cocok bagi hampir semua warna kulit. Biru ini pun pas untuk kemeja. Nada biru ini bisa memberi efek mewah.

4. Sebaiknya jangan pakai kaus kaki warna solid

Anda pertimbangkan bila mengandung unsur seperti garis atau kotak diagonal. Namun kaus kaki dengan warna solid tidak dianjurkan untuk pria kecuali Anda benar-benar tahu bagaimana mengombinasikan dengan sepatu dan celana.

5. Pastikan warna dekat sekitar wajah

Lagi, perhatikan warna baju anda. Penting untuk memastikan warna membuat cerah wajah dan warna mata. Anda tidak ingin tampil pucat seperti habis keluar dari rumah sakit gara-gara salah memilih warna kostum hari ini.

6. Menjauhlah dari pola-pola mencolok

Mereka bisa sangat mengganggu perhatian dan benar-benar bukan pilihan bijak, setidaknya menurut Kim. Memang pola mencolok pernah ngetren pada 1980-an. Namun sebagian besar pakar fesyen bersyukur era itu sudah lewat.

7. Lihatlah sekitar Anda

Bila anda bingung bagaimana mengombinasikan lebih dari satu warna dalam kostum anda, coba cari referensi. Lihatlah iklan atau busana yang dipajang di toko-toko. Contoh, Ralph Lauren menggunakan banyak warna untuk  koleksi  bagi kaum adam, namun dengan sentuhan klasik dan konservatif. Brooks Brothers bisa dibilang memiliki pilihan warna lebih banyak. Ini bukan berarti harus membeli koleksi mereka, tapi carilah inspirasi dari sana.

Bila anda bepergian ke luar, coba cermati bagaimana orang lokal memadukan warna. Orang Italia bisa jadi terbaik dan paling ekspresif dalam soal warna tanpa menimbulkan kesan norak.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement