Sabtu 26 Jan 2013 23:05 WIB

Sepatu Hak Tinggi ternyata Pernah Dipakai Pria

sepatu hak tinggi pria
Foto: bata shoe museum
sepatu hak tinggi pria

REPUBLIKA.CO.ID, Sepatu berhak tinggi yang kini kebanyakan dipakai oleh perempuan, ternyata pernah menjadi aksesori penting bagi laki-laki selama beberapa generasi.

Selama ini pengguna sepatu berhak tinggi terkesan cantik, provokatif dan seksi, tetapi tak sedikit yang menyebutkan sepatu jenis ini tidak praktis, dan bukan pilihan yang tepat untuk berjalan, mendaki ataupun menyetir. Sejatinya, sepatu berhak tinggi ini memang tidak dirancang untuk berjalan kaki.

"Sepatu berhak tinggi dulu digunakan selama beberapa abad di seluruh wilayah timur sebagai bentuk alas kaki untuk berkuda," kata Elizabeth Semmelhack dari Museum Sepatu Bata di Toronto seperti dilansir BBC, Sabtu (26/1).

Sepatu berhak tinggi digunakan laki-laki digunakan saat bertempur di Persia atau yang kini dikenal dengan nama Iran. Ketika para tentara berdiri di pijakan kaki, hak tinggi membantu mereka untuk tetap berada dalam posisinya jadi dia dapat menembakkan anak panah dengan efektif.

Gelombang ketertarikan kepada sesuatu yang berbau Persia pun terjadi di Eropa Barat. Model sepatu Persia pun diadopsi oleh para aristokrat salah satunya penggunaan hak tinggi.

Salah satu raja yang menggunakan sepatu berhak tinggi adalah Louis XIV dari Prancis, dengan lapisan berwarna merah. Kemudian, Charles II dari Inggris dalan potret penobatannya di tahun 1661 tampak menggunakan sepatu dengan gaya hak merah dari Prancis.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement