Selasa 22 Jan 2013 07:28 WIB

American Idol Jadi Kurang Laku?

Rep: Gita Amanda/ Red: M Irwan Ariefyanto
American idol
Foto: fox
American idol

REPUBLIKA.CO.ID,LOS ANGELES --Ajang pencarian bakat penyanyi ala Amerika, American Idol, semakin lama semakin menurun rating penontonnya.

Penurunan rating ini tentunya disebabkan oleh penurunan jumlah penonton yang cukup drastis. Di penayangan perdananya Rabu (16/1) malam lalu, jumlah penonton American Idol hanya 17,9 juta turun drastis dari musim lalu yang memiliki jumlah penoton sebanyak 21,9 juta pemirsa. Rating Rabu lalu bahkan disebut sebagai yang terendah dalam sejarah kontes menyanyi tersebut

Pada dasarnya, penurunan rating America Idol bukanlah hal baru sejak 2007 silam rating salah satu ajang pencarian musisi berbakat ini sudah mengalami penurunan penonton. Kemudian setiap tahunnya rating American Idol menurun, kecuali pada 2010 kala Ellen DeGeneres bergabung dalam acara tersebut.

Tahun lalu, Fox menambahkan Steven Tyler dan Jennifer Lopez sebagai juri acara tersebut. Hasilnya cukup menggembirakan, sebab meski mengalami penurunan namun beberapa penonton 'tambahan' kemungkinan penasaran akan aksi kedua juri tersebut. Meskipun kehadiran JLo sebagai juri American Idol banyak menuai kritik melihat kompetensi dirinya sebagai juri.

Untuk membayar hal terebut tahun ini Fox membayar mahal penyanyi bersuara tinggi Mariah Carey untuk menduduki panel juri American Idol. Tak kalah menghebohkan, Fox juga mengundang penyanyi nyentrik Nicky Minaj duduk sejajar berasama Mariah dalam season kali ini.

Sayangnya, kedua diva tersebut justru kerap mengalami cekcok sejak kali pertama penayangan American Idol season 12. Meski banyak pula yang berspekulasi perseteruan tersebut dibuat demi kepentingan program. Namun hal ini pula yang disebut-sebut menjadi penyebab semakin menurunnya rating American Idol.

Kehadiran juri lain seperti Keith Urban pun tak dapat banyak membantu. Tak seperti Steve Tyler, Urban sepertinya tak memiliki pesona yang cukup besar untuk mendongkrak American Idol. Sementara juri lawas yang tersisa hanyalah Randy Jackson.

 

Namun, meski pada penayangan episode keduanya American Idol kembali mengalami penurunan akan tetap ajang tersebut masih menjadi acara yang banyak ditonton pada Rabu Malam. Pada setiap Rabu pukul 20.00 waktu setempat, American Idol masih mampu menarik 16,19 juta penonton.

Sejumlah acara di televisi-televisi Amerika memang mengalami penurunan jumlah penonton. Di hari yang sama acara Last Resort yang ditayangkan pukul 20.00 di ABC turun dua persepuluh dari pekan lalu. Sementara Grey's Anatomi yang ditayangkan pada pukul 21.00 waktu setempat juga turun dua persepuluh dari pekan lalu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement