Rabu 16 Jan 2013 06:35 WIB

Siapa Saja Seleb K-Pop yang Berurusan di Pengadilan 2012?

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Citra Listya Rini
Tablo
Foto: www.lovequakes.com
Tablo

REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL -- Tahun Ular 2013 ini, berita-berita K-Pop sering dibumbui oleh putusan pengadilan untuk sejumlah kasus hukum yang menimpa selebritis dari Negeri Gingseng itu. Nah, siapa saja seleb K-Pop yang keluar masuk pengadilan sepanjang 2012 lalu? Ini dia paparannya, dikutip dari Soompi, Rabu (16/1).

1. Tablo 'Epic High'

Rapper grup Epic High, Tablo, melawan kelompok yang menamakan dirinya TaJinYo. Kelompok ini mempertanyakan keaslian ijazah pendidikan magister degree Tablo di Stanford University. Kelompok ini mengambil langkah hukum dan menuduh Tablo melakukan pemalsuan ijazah.

Kasus ini tak hanya membuat karir Tablo hancur, grupnya 'Epic High' juga tak boleh tampil di panggung manapun karena anggotanya tersangkut kasus hukum. Sang ayah yang sudah tua juga meninggal karena stress dan sakit-sakitan menghadapi kasus yang menimpa putranya.

Tablo kemudian menuntut balik sembilan anggota kelompok tersebut. Pengadilan memutuskan mendukung Tablo. Tiga orang anggota TaJinYo masuk penjara, dan enam orang sisanya menjalani masa percoban hukuman. Epic High kembali akhir tahun lalu dengan album ketujuh mereka yang mengusung dua lagu hits, yaitu Don't Hate Me, Cold, dan Up.

2. CEO JYP Entertainment, Park Jin Young

Presiden Direktur JYP Entertainment ini dituduh melakukan plagiarisme oleh komposer Kim Shin Il. Shin Il mengklaim bahwa lagu 'Someday' yang dinyanyikan IU dan merupakan lagu ciptaan oleh Park Jin Young meniru lagu 'To My Man' yang dinyanyikan penyanyinya,Ash.

Pengadilan memutuskan memenangkan Shing Il dan menenda Pak Jin Young 20 ribu dolar AS. Meski terbukti bersalah, Park Jin Young tetap mengatakan dirinya tak bersalah.

3. Kang Sung Hoon 'Sechskies'

Vokalis Sechskies, Kang Sung Hoon, menerima putusan akhir mengenai kasus penipuan yang melibatkannya pada 23 Januari lalu. Sepanjang Juni 2009-November 2010, penyanyi ini meminjam uang hingga 852 ribu dolar AS dari tiga orang dan gagal untuk mengembalikan pinjamannya itu.

Sekitar Maret 2011, Sunghoon ditangkap dan dipenjarakan dan baru dibebaskan September tahun yang sama. Setelah bebas, penyanyi itu mengatakan jika diberi kesempatan, ia ingin kembali ke dunia K-Pop dan mendapatkan kembali nama baiknya. Dihari pembebasannya, mantan anggota Sechskies, Kang Soo Won dan Kim Jae Duk menjemput idola legendaris yang menjadi sahabat mereka itu.

4. Kang Byung Kyu

Byungku terlibat dalam kasus penipuan, penggelapan uang, dan pencemaran nama baik. Sidangnya berakhir 1 Februari mendatang. Sepanjang 2010-2011, Byungkyu dituduh menggelapkan 45 ribu dolar AS. Ia menipu rekanannya hingga 284 ribu dolar AS. Pada November 2012, pengadilan Korea Selatan menggabungkan empat tuduhan dan hukuman Byungkyu diperiakan dua tahun enam bulan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement