Sabtu 12 Oct 2024 10:11 WIB

Tzu Chi Hospital Luncurkan Hernia Center dengan Teknologi Robot Canggih

Hingga awal Oktober, 40 pasien hernia telah ditangani dengan robotik.

Tim dokter Tzu Chi Hospital saat peresmian Hernia Center.
Foto: Dok. Hernia Center Tzu Chi Hospital
Tim dokter Tzu Chi Hospital saat peresmian Hernia Center.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tzu Chi Hospital resmi memperkenalkan Hernia Center, sebuah layanan kesehatan terpadu yang fokus pada penanganan berbagai jenis hernia pada awal pekan ini. Hernia Center berlokasi di lantai 2 Tzu Chi Hospital.

Pusat layanan ini merupakan wujud komitmen Tzu Chi Hospital meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya deteksi dini hernia dan memberikan perawatan yang komprehensif, mulai dari diagnosis hingga penanganan pascaoperasi. Salah satu keunggulan Hernia Center adalah penggunaan teknologi robot modular Versius untuk operasi hernia. Teknologi canggih asal Inggris ini memungkinkan tindakan bedah dilakukan dengan lebih presisi, meminimalisasi kerusakan jaringan, dan mempercepat proses penyembuhan pasien.

Baca Juga

Selain itu, pasien yang menjalani operasi robotik dinilai cenderung mengalami nyeri pascaoperasi yang lebih ringan dan dapat kembali beraktivitas lebih cepat. Berdasarkan jurnal kesehatan yang diterbitkan pada Pubmed tahun 2023, bahwa tindakan bedah atau operasi hernia menggunakan Versius Modular Robotic Surgery aman dan layak dilakukan.

Dengan metode robotik, pasien diklaim dapat menikmati berbagai keuntungan seperti waktu pemulihan yang lebih cepat, sayatan lebih kecil, nyeri pascaoperasi yang lebih sedikit, dan kemampuan untuk kembali ke aktivitas sehari-hari lebih cepat dibandingkan dengan metode konvensional. Senior Director Tzu Chi Hospital, Prof DR dr Satyanegara, Sp.BS(K) mengatakan, rumah sakit sebagai pemberi layanan kesehatan harus bergerak sesuai kemajuan zaman.

“Kami selalu mengupayakan untuk menyiapkan alat-alat kesehatan yang dibutuhkan agar dokter dapat melaksanakan tugasnya dengan optimal. Dengan demikian, saya mengharapkan Tzu Chi Hospital bisa membantu lebih banyak orang,” ujar Prof Satya dalam keterangan tertulis yang diterima Republika.co.id.

Pelayanan komprehensif...lanjutkan membaca>>

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement