Rabu 14 Nov 2012 06:05 WIB

'XXI Short Film Festival' Ajang Pencarian Bakat Baru Perfilman

Rep: Muhammad Nur Hasan (MG11)/ Red: Hazliansyah
XXI Short Film Festival
Foto: ist
XXI Short Film Festival

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kabar baik bagi para pembuat film pendek Indonesia. Jaringan terbesar bioskop di Indonesia, Cinema 21 akan menggelar ajang "XXI Short Film Festival".

"Festival ini diharapkan dapat mendorong anak muda agar makin kreatif untuk mengekspresikan dirinya lewat film pendek. Dan ini sebagai wadah yang paling bagus untuk berekspresi dan agar bisa berkarya untuk film Indonesia," ujar Catherine Keng selaku Festival Director "XXI Short Film Festival" dalam keterangan persnya, Selasa (13/11) sore.

Festival yang baru diadakan untuk kali pertamanya ini mengkompetisikan tiga kategori, yakni film pendek fiksi naratif, film pendek dokumenter dan film pendek animasi.

"Sambutan atas festival ini baik sekali. Menarik sekali banyak bakat baru dalam film pendek dan banyak yang sudah ikut serta dalam festival," ujar Nouval Yasyid selaku Program Director Festival.

Pendaftaran dibuka sejak 15 Oktober lalu hingga 10 Desember mendatang.

Nantinya, festival yang akan digelar pada bulan Maret 2013 akan memilih tujuh pemenang yang terdiri dari tiga film pilihan juri, tiga film pilihan media dan penghargaan pilihan dari Indonesian Film Directors Club (IFDC).

Para pemenang juga berhak diputarkan filmnya secara reguler di Cinema 21.

"Film pendek berfungsi untuk melatih skill, batu loncatan untuk berkarir dalam film. Film pendek juga sebagai medium ekspresi yang tidak terkait komersil," ungkap salah seorang anggota IFDC, Joko Anwar.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement