Rabu 15 Aug 2012 04:07 WIB

Wuih, Daun Genjer Makin Dicari di Resto Jakarta, Mengapa?

Daun genjer
Foto: tebetbarat.com
Daun genjer

REPUBLIKA.CO.ID, LEBAK---Daun genjer asal Kabupaten Lebak, Banten, membanjiri restoran di Jakarta karena permintaan konsumen meningkat. "Kami dalam tiga hari terakhir mengangkut daun genjer 20 karung untuk kebutuhan restoran atau rumah makan di Jakarta," kata Sara, seorang pedagang saat ditemui di Stasiun Kereta Api Rangkasbitung.

Ia mengatakan saat ini permintaan daun genjer yang dikabarkan bisa mengobati berbagai jenis penyakit meningkat selama puasa Ramadhan.

Biasanya, kata dia, dirinya hanya memasok delapan sampai 13 karung, namun kini mencapai 20 karung. Tingginya permintaan daun genjer itu tentu dapat meningkatkan ekonomi petani. "Saya yakin kesejahteraan petani genjer sejahtera dengan meningkatnya permintaan pasar," ujarnya.

Ia juga mengatakan, pihaknya menampung daun genjer itu dari pelosok desa di Kabupaten Lebak untuk diangkut ke Jakarta.

"Sebab saat ini kebanyakan orang-orang kalangan menengah ke atas menyukai daun genjer, selain bisa mengobati penyakit juga mengandung kandungan gizi yang tinggi," katanya.

Sebagian besar, kata dia, dirinya menjual daun genjer itu ke restoran arau rumah makan milik orang sunda yang ada di Jakarta.

Genjer merupakan makanan khas orang-orang sunda yang dicampur sambal tauco Cianjur. "Mungkin, bagi orang sunda tidak asing lagi makanan daun genjer itu," katanya.

Menurut dia, daun genjer merupakan jenis makanan sayuran yang biasa mereka makan dengan nasi maupun lontong. Selain itu, daun genjer mudah didapati karena tanaman itu sifatnya liar dan jarang sekali dibudidayakan oleh warga.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement