Rabu 25 Apr 2012 01:25 WIB

Cari Burger yang Enak, Dave Thomas Bangun Wendy's

dave thomas
Foto: ap
dave thomas

REPUBLIKA.CO.ID,Berawal dari mimpi, Dave Thomas, seorang pengusaha terkemuka AS, sukses membangun jaringan restoran hamburgers Wendy's. Tentu saja mimpi semata hanya awal, selebihnya penuh kerja keras.

Sejak belia, Thomas memang selalu berangan-angan memiliki restoran humbergers. Berbekal tekad baja dan kerja keras, mimpi memiliki restoran hamburgers itu akhirnya berhasil diwujudkannya di usia 37 tahun.

Terlahir 2 Juli 1932 di Atlantic City, New Jersey, Thomas dibesarkan orang tua angkat, pasangan Rex dan Auleva Thomas asal Lebanon. Sejak lahir, Thomas tak pernah mengetahui siapa orang tua kandungnya. Saat kecil pun Thomas lebih banyak menghabiskan waktu bersama sang nenek, Minnie Sinclair.

Dari sang neneklah dia belajar pentingnya membantu dan memperlakukan orang lain dengan penuh hormat. Kelak, pelajaran hidup itu sangat membantu Thomas dalam menjalankan bisnis. Thomas sudah mulai berkenalan dengan bisnis restoran pada usia 12 tahun. Di usia yang masih belia itu, dia sudah menjadi kasir pada Regas Restaurant di Knoxville.

Akibat berbeda pendapat soal waktu libur dengan sang bos, Thomas pun dipecat. Pengalaman yang membekas dan membuatnya menyesal. Pada usia 15 tahun, dia kembali bekerja di restoran Hobby House di Fort Wayne, Indiana. Sejak itu, demi mengejar mimpi memiliki restoran hamburgers sendiri, Thomas putus sekolah.

Setelah menikahi Lorraine pada 1956, Thomas memutuskan menjadi sukarelawan bagi tentara AS pada Perang Korea. Dia memilih menjadi petugas dapur umum. Itulah yang membuatnya mendapatkan pendidikan memasak di Cook and Bakers School di Fort Benning, Georgia. Saat bertugas ke Jerman, ia bahkan bertanggung jawab menyediakan ransum bagi 2.000 serdadu AS.

Berbekal penghargaan atas sukses pada tugasnya, Thomas mendapat tawaran menarik untuk bekerja di Kentucky Fried Chicken. Bekerja sama dengan Colonel Harland Sanders, sang pendiri KFC, Thomas membesarkan KFC menjadi restoran bernilai jutaan dolar. Berbekal kekayaan yang diperolehnya dari hasil keringatnya, saat masih bekerja di KFC pun, Thomas sudah membangun restoran sendiri. Alasannya, ia kesulitan menemukan burger yang enak di wilayah Columbus.

Tahun 1969, Thomas memutuskan menjual waralaba KFC-nya dan mulai membuka restoran hamburgers pertamanya di Columbus, Ohio. Thomas memberi nama restonya itu Wendy's, dari nama panggilan untuk putrinya, Melinda Lou.

Sebenarnya, pada 1982 Thomas sempat mundur dari Wendy's. Yang terjadi, bisnisnya justru terlibat masalah. Karena itulah ia kembali memimpin Wendy's. Ia bahkan sempat tampil dalam 800 iklan Wendy's yang ditayangkan di televisi. Pada 2002 lalu, lelaki hebat itu meninggal akibat kanker lever.

sumber : berbagai sumber
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement