Senin 16 Apr 2012 18:32 WIB

Mengintip Pesan Sammy dalam 'Aku Kembali'

Mantan vokalis Kerispatih, Sammy Simorangkir menunjukan album barunya saat peluncuran ablum barunya yang berjudul
Mantan vokalis Kerispatih, Sammy Simorangkir menunjukan album barunya saat peluncuran ablum barunya yang berjudul "Aku Kembali" dikawasan Kemang, jakarta, Senin (16/4). (Republika/Agung Supriyanto)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Sammy Simorangkir kembali mewarnai jagad hiburan tanah air dengan album barunya Aku Kembali. Album ini seakan ingin membuktikan eksistensi mantan finalis Indonesia Idol itu tanpa embel embel band Kerispatih di belakang namanya.

Pemberian judul pada album ini diakui Sammy bermakna luas, bukan hanya berarti kembali ke panggung hiburan tapi juga kembali kepada kehidupan yang sebaik-baiknya. 

“Saya ingin orang-orang jangan hanya sebatas melihat Aku Kembali sebagai album, tapi lihat juga kehidupan saya yang menjadi lebih baik,” kata Sammy di sela sela acara peluncuran albumnya, di Kemang, Senin (16/4).

Album yang terdiri dari 12 lagu ini, kata Sammy, memiliki tema universal yang kuat, tidak hanya terpaku pada persoalan cinta. Melalui Aku Kembali, mantan vokalis Kerispatih ini menyelipkan pesan pada pendengar, khususnya anak muda agar jangan menyerah saat menghadapi cobaan apapun. 

“Bagi  siapapun, kalau kita jatuh, harus ingat untuk bangkit kembali,” ujar pria yang pernah ditahan karena kasus narkoba ini.

Menurutnya, jika seseorang mau berusaha, maka Tuhan pasti membantu. Begitu pula yang terjadi dengan dirinya. Meski sempat dicibir bahwa dirinya tidak akan lagi mampu berkarya di dunia musik, namun pria kelahiran Bandung 18 September 1982 ini bisa membuktikan sebaliknya. Dukungan keluarga, para sahabat dan Sammy Lover (sebutan untuk para penggemar Sammy) turut mendorong Sammy membuahkan karyanya dalam bentuk album.

Jejaka yang pernah dekat dengan Nania Idol ini mengaku pernah merasa depresi dan down. “Ada yang meremehkan, kalau saya tidak akan bisa berhasil tanpa band besar itu, tapi berkat support orang-orang terdekat, saya bisa bangkit,” katanya.

Justru ketika sudah tak lagi di Kerispatih, Sammy bebas menyalurkan ide-ide dalam karyanya. Ada kelegaan tersendiri dalam diri finalis Indonesian Idol musim pertama ini. Sammy merasa bebas dan lebih ekpresif menuangkan karyanya. “Saya kini bisa memproyeksikan apa saja yang saya rasakan dalam sebuah lagu, yang dulu sempat dibatasi,” ucapnya.

Keseriusan Sammy untuk meraih kembali karirnya dibuktikan dengan berkarya lebih baik dari sebelumnya. Dari total 12 lagu yang ada di dalam albumnya ini, tiga lagu diantaranya merupakan hasil ciptaannya sendiri. 

Tiga lagu tersebut yakni Aku Kembali, Sudahi Semua Ini, dan Jaga Hatiku. Keterlibatan Sammy yang sedemikian rupa dalam proses aransemen semua lagu ini, juga mendapat dukungan dari para arranger ternama seperti Andi Rianto, Sandy Canester, Muhammad Fitri “Bule”, dan  Joseph Setiawan Djafar.

Selain Sedang Apa dan Dimana (SADD) dan Kesedihanku, tujuh lagu lainnya juga tak kalah asik untuk dinikmati. Yakni Tak Bisa Mencintaimu, Rela Kehilangan, Takkan Berhenti, Dia, Bunda, Jangan Takut, dan Kaulah Segalanya.

Sammy menyebut rampungnya album ini tak lepas dari dukungan semua pihak, mulai dari para pencipta lagu, para musisi, media, dan pihak lain yang turut mendukung kesuksesan single pertama Sammy Sedang Apa dan Dimana (SADD) dan single kedua Kesedihanku.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement